Implementasi Program Pemasaran Pariwisata Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan pada Objek Pantai Pulau Merah

Setiyawan, DanangAgung (2016) Implementasi Program Pemasaran Pariwisata Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan pada Objek Pantai Pulau Merah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor andalan bagi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang memiliki banyak sekali potensi pariwisata. Salah satu objek pariwisata unggulan di Banyuwangi adalah pantai pulau merah. Untuk memaksimalkan potensi pariwisata yang ada di pulau merah, Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyusun suatu Rencana Strategis tahun 2011-2015. Dalam Renstra Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tersebut tedapat program pemasaran pariwisata pulau merah dalam upaya mempromosikan pantai pulau merah untuk mendatangkan wisatawan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi langsung dilapangan. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif, teknik analisis data model interaktif milik Milles dan Huberman dalam Saldana. Fokus penelitian yang penulis angkat adalah implementasi program pemasaran pariwisata, dampak implementasi terhadap peningkatan wisatawan serta faktor pendukung dan penghambat implementasi. Dari hasil penelitian implementasi program pemasaran pariwisata pada objek pantai pulau merah yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, dilihat dari implementasi program pemasaran yang dilakukan secara umum telah berjalan dengan baik, walaupun pada kontribusi program pemasaran pulau merah dalam upaya meningkatkan kunungan wisatawan asing masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari posisi pulau merah yang berada di bawah Kawah Ijen dan TN. Alas Purwo dalam hal kunjungan wisatawan asing. Hasil penelitian diatas dapat disebabkan faktor pendukung yaitu adanya koordinas antar SKPD yang ada di Banyuwangi, kerjasama dengan media massa dan sumber daya anggaran yang mencukupi dalam implementasi program pemasaran. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain objek wisata pantai pulau merah berada dalam kewenangan Kementrian Kehutanan serta masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pariwisata. Saran yang penulis berikan terkait implementasi program pemasaran di Pantai Pulau Merah adalah perlu adanya kegiatan yang lebih beragam, harus adanya promosi ke luar negeri, kerjasama dengan Biro Travel serta perbaikan infrastruktur baik sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/241/051605307
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Jul 2016 14:18
Last Modified: 19 Jan 2022 05:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118540
[thumbnail of DANANG AGUNG S.(115030501111002).pdf] Text
DANANG AGUNG S.(115030501111002).pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item