Putri, ImmasSahaya (2015) Implementasi Rencana Strategis Pengembangan Obyek Wisata Unggulan Taman Wisata Alam Kawah Ijen (Studi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian skripsi ini, penulis mengambil judul “Implementasi Rencana Strategis Pengembangan Obyek Wisata Unggulan Taman Wisata Alam Kawah Ijen (Studi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi), dengan latar belakang Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam menjadi potensi daya tarik wisata. Salah satu daerah di Indonesia ialah Kabupaten Banyuwangi yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Hamparan pegunungan, pantai, kawasan pertanian dan perkebunan, serta kawasan konservasi salah satunya Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen yang menjadi obyek wisata unggulan Kabupaten Banyuwangi. Maka, untuk memaksimalkan potensi TWA Kawah Ijen, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi melakukan kegiatan pengembangan yang termuat dalam Rencana Strategis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Tahun 2010-2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi rencana strategis terkait pengembangan obyek wisata unggulan TWA Kawah Ijen serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatid. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Implementasi Rencana Strategis; 2) Faktor pendukung dan penghambat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian menjelaskan bahwa implementasi rencana strategis pengembangan TWA Kawah Ijen yang terdiri dari pengembangan obyek dan daya tarik wisata yaitu keunikan dan keindahan pemandangan alam TWA Kawah Ijen, ketersediaan sarana dan prasarana di area Pos Paltuding. Upaya pengembangan juga tidak terlepas dari peran serta masyarakat dan pelaku usaha pariwisata. Kegiatan pengembangan lain yaitu pemasaran TWA Kawah Ijen dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti pemasangan fitur “Banyuwangi Tourism” pada Android Appstore yang dapat diakses oleh masyarakat luas. Kerjasama promosi wisata juga dilakukan oleh dinas terkait melalui kegiatan gathering, Familization Trip (famtrip). Dalam implementasi ini, terdapat faktor pendukung yaitu adanya peran aktif dan kerjasama aparatur instansi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu terbatasnya anggaran, sumber daya manusia, sarana dan prasarana penunjang pariwisata, perbedaan kepentingan antar instansi terkait, dan kurang sadarnya pengunjung untuk membayar tiket masuk kawasan. Maka untuk mengatasi permasalahan ini diperlukan anggaran yang memadai, adanya sumber daya manusia yang seimbang dan masyarakat harus sadar dengan kebijakan pemerintah.
English Abstract
The research, the authors take the title "Implementation of the Strategic Plan for Development of Tourism Object of Ijen Crater Natural Park (Studies in Department of Culture and Tourism Banyuwangi), with a background of Indonesia as a country rich in natural resources which are a potential tourist attraction. One such area in Indonesia is Banyuwangi, located at the eastern end of Java. Expanse of mountains, beaches, agricultural areas and plantations, as well as the conservation area one of the Ijen Crater Natural Park which became a leading tourist attraction Banyuwangi. Thus, to maximize the potential of Ijen Crater Natural Park, Department of Culture and Tourism Banyuwangi undertake development activities contained in the Strategic Plan of the Department of Culture and Tourism Banyuwangi Year 2010-2015. The purpose of this study is to describe and analyze the implementation of the strategic plan for development of tourism object of Ijen Crater Natural Park and supporting and inhibiting factors. The method used in this research is descriptive research with qualitative approach. The focus in this study were: 1) implementation of the strategic plan; 2) supporting and inhibiting factors. Data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. The results of the study explained that the implementation of the strategic plan development Ijen Crater Natural Park which consists of the development of objects and tourist attraction is the uniqueness and beauty of the natural landscape Ijen Crater Natural Park, the availability of facilities and infrastructure in the area of Post Paltuding though still limited. Development efforts can not be separated from the community and the tourism business. Another development is the marketing activities Ijen Crater Natural Park made by using information technology such as the installation of the "Banyuwangi Tourism" on the Android Appstore, which are accessible by the public. Cooperation tourism promotion was also carried out by relevant agencies through gathering activities, Familization Trip (famtrip). In this implementation, there are factors that support their active participation and cooperation agencies apparatus. Meanwhile, the inhibiting factor is the limited budget, human resources, facilities and infrastructure supporting tourism, the difference between the interests of the relevant agencies, and less conscious visitors to pay admission area. So to overcome this problem required an adequate budget, the existence of a balanced human resources and the public should be aware of government policy.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/147/051502882 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 21 Apr 2015 15:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 07:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117172 |
Preview |
Text
SKRIPSI_-_Immas_Sahaya_Putri.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |