Upaya Pemerintah Kota Batu dalam Membangun dan Memanfaatkan Fungsi Trotoar (Studi pada Dinas Pengairan dan Bina Marga Kota Batu),

Priambudi, AzisWahyu (2014) Upaya Pemerintah Kota Batu dalam Membangun dan Memanfaatkan Fungsi Trotoar (Studi pada Dinas Pengairan dan Bina Marga Kota Batu),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya Pemkot Batu dan Dinas Bina Marga dalam membangun dan memanfaatkan trotoar yang ada memerlukan kinerja yang maksimal. dengan memberikan pelayanaan yang baik, indah, bermanfaat, aman dan nyaman, termasuk pada kaum difabel, lansia dan tuna netra. Tujuan dari penelitian ini antara lain mengetahui dan menganalisis upaya yang dilakukan Pemkot Batu beserta persepsi masyarakat dan kendala-kendala dalam meningkatkan dan memanfaatkan pembangunan trotoar, dengan didukung teori administrasi, teori pelayanan publik, teori pembangunan perkotaan, teori hubungan kerja, dan teori kinerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yang diambil adalah pada Dinas Pengairan dan Bina Marga Kota Batu dan lokasi di jalan protokol Kota Batu. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisa kualitatif dengan mendeskripsikan data yang terkumpul untuk memecahkan masalah penelitian. Hasil dari penelitian ini antara lain Dengan pembangunan trotoar ini, Pemkot Batu dan Dinas Pengairan telah memberikan kenyamanan, kebersihan, keamanan dan keramahan bagi semua pejalan kaki termasuk difabel. Persepsi masyarakat tentang pembangunan trotoar yang baru ini, pada umumnya sangat mendukung dan merasa puas secara fungsi dan estetika yang sesuai harapan. Dalam pembangunan trotoar baru ini terdapat kendala pada faktor internal dan eksternal. Faktor internal antara lain minimnya dana anggaran untuk alokasi pembangunan pada infrastruktur lain. Hambatan pendanaan tersebut berpengaruh pada perawatan dan pemeliharaan trotoar yang mengalami kerusakan. Kendala pada faktor eksternal antara lain kurangnya kesadaran masyarakat yang menyalahgunakan dalam memanfaatkan trotoar. Minimnya lahan pada jalan raya yang kurang lebar, berpengaruh pada standart pembangunan trotoar. Dari hasil penelitian, ada beberapa saran yaitu Dinas Pengairan dan Bina Marga lebih meningkatkan pembangunan dan perawatan pada trotoar yang baru terutama yang akan dibangun, terus memberikan pelayanan pada masyarakat dan juga ramah bagi difabel, memaksimalkan anggaran yang ada sehingga dapat mempercepat pembangunan trotoar yang sesuai dengan standart pembangunan trotoar modern.

English Abstract

The Government of Batu City and The Bina Marga Service have attempted to develop and to utilize the pavement in appropriate manner. Good, beautiful, useful, secur and pleasant service is made certain by the pavement for people including those disabled, elder and blind. The objective of research is to understand and to analyze the efforts taken by government of Batu City, the perception of community, and the constraints to be dealt to improve and utilize pavement development. The understanding will be supported by administration theory, public service theory, urban development theory, work relationship theory, and performance theory. Research method is descriptive with qualitative approach. The location of research is the Water Service and Bina Marga Batu City. Recearch site of protocol road of Batu City. Data are collected through interview, observation and documentation. Data analysis method is qualitative analysis to describe the data to solve the problem of research. Result of research indicates that the development of pavement by The Government of Batu City and The Water Service have provided pleasure, cleanliness, security and friendliness for all pedestrian inclubing is difabel.Community perception about this pavement development is very sepportive which means that the community satisfies with the fuction and esthetic of the pavement. The contraints against new pavement development include internal and external factors. Internal constraining factor is the limited budget fund for the allocation of development for other infrastructure. The lack of finance has bad impact on the maintenance of the damage pavement. External factor is lack of people awareness through which pavement is misleadingly used. The lack of parts is the narrow road may constain the developments of standart pavement. It may be suggested that The Official of Water and Bina Marga Batu City shall improve development and maintenance of new pavement that will be contructed, must deliver the service to the community, shall be friendly to the disabled, and must maximize the budget such that the development of pavement may be accelerated based on the standar of modern development of pavement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/729/051408143
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Dec 2014 10:01
Last Modified: 22 Oct 2021 22:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116867
[thumbnail of Skripsi_PDF.pdf]
Preview
Text
Skripsi_PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item