Pengembangan Kapasitas Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang)

Negriani, PamulaDillaJuvitaRosariPutri (2014) Pengembangan Kapasitas Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik merupakan suatu kebijakan yang strategis guna memperbaiki kinerja pemerintahan. Namun, pelayanan publik di Indonesia cenderung berjalan di tempat. Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu yang menjadi masalah utama ialah proses dan prosedur membutuhkan waktu yang lama dan berbelit- belit. Dengan adanya kebijakan otonomi daerah, maka pemerintahan daerah dapat mengatur dan mengembangkan sumber daya yang ada. Oleh sebab itu, melihat tingginya pengguna layanan perizinan pada Kota Malang, maka pengembangan kapasitas pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang wajib dilakukan dan ditingkatkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan kapasitas pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menggambarkan kualitas pelayanan perizinan. Analisis data yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis menggambarkan tentang pengembangan kapasitas Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang melalui beberapa aspek yang ada. Selain itu juga menggambarkan secara sistematis kualitas pelayanan perizinan pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa proses pengembangan kapasitas pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang sudah dilaksanakan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek, yang pertama yaitu pengembangan kapasitas sumber daya manusia yang dilakukan melalui kegiatan pelatihan, sistem gaji dan kondisi kerja.yang kedua yaitu penguatan organisasi yang dapat dilihat dari kepemimpinan, budaya organisasi dan komunikasi. Yang ketiga reformasi kelembagaan dapat dilakukan melalui pelembagaan kebijakan dan reformasi kebijakan dan hukum. Peningkatan kualitas pelayanan perizinan pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari lima indokator pelayanan publik yang dipenuhi pada organisasi yaitu Reliability, Tangiables, Responsiveness, Assurance dan Empati. Dengan terpenuhinya lima indikator tersebut maka Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang harus terus meningkatkan kualitas pelayanannya.

English Abstract

Public service is a strategic policy to improve government performance. However, public services in Indonesia tend to run in place. In the Integrated Licensing Service Agency that the main problem is the process and the procedure takes a long and convoluted. With the decentralization policy, the local government can manage and develop existing resources. Therefore, given the high licensing service users in the city of Malang, then the development of the capacity of the Agency for Integrated Licensing Service Malang must be done and improved. This study was conducted to determine the development of the capacity of the Integrated Licensing Service Agency Malang. In addition, this study also aimed to describe the quality of service licensing. Analysis of the data used is a descriptive study using a qualitative approach. The analysis describes the development of the capacity of the Integrated Licensing Service Agency Malang through some existing aspects. It also describes the licensing service quality systematically on the Integrated Licensing Service Agency Malang. The results of the study showed that the process of capacity development at the Integrated Licensing Service Agency Malang has been implemented. It can be seen from several aspects, the first is the development of human resource capacity through training activities undertaken, and the salary system kerja.yang second condition, namely the strengthening of the organization that can be seen from the leadership, organizational culture and communication. The third institutional reform can be done through the institutionalization of policies and policy and law reform. Improved quality of service licensing on Integrated Licensing Service Agency Malang has done well. It can be seen from the five indicator The public service organization that met on Reliability, Tangiables, Responsiveness, Assurance and Empathy. With the fulfillment of these five indicators, the Agency for Integrated Licensing Service Malang must continue to improve the quality of service.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/670/051407857
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Nov 2014 07:51
Last Modified: 22 Oct 2021 22:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116802
[thumbnail of BAB_12345.pdf]
Preview
Text
BAB_12345.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item