Peranan Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Dealer Sepeda Motor Honda PT Nusantara Surya Sakti Bululawang)

Syamsu, Aria Kusuma (2014) Peranan Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Dealer Sepeda Motor Honda PT Nusantara Surya Sakti Bululawang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini teknologi berkembang semakin canggih yang mengharuskan perusahaan harus semakin bersaing salah satunya pada produk kendaraan bermotor. Bauran pemasaran adalah salah satu alat yang digunakan untuk mendapatkan pangsa pasar. Bauran promosi adalah bagian dari bauran pemasaran yang paling penting dalam mendapatkan pangsa pasar karena bersifat memberi informasi, mempengaruhi, dan mengingatkan. Dalam bauran promosi terdapat beberapa variabel. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bauran promosi yang terdiri dari promosi penjualan, hubungan masyarakat, priklanan, penjualan pribadi, dan penjualan langsung terhadap peningkatan volume penjualan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus pada PT Nusantara Surya Sakti dengan menggunakan data penjualan tahun 2010 sampai tahun 2013 dan dari penelitian yang telah dilakukan penjualan meningkat 1,2% per setiap kwartalnya Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa volume penjualan mengalami rata rata peningkatan sebesar 1.2 % tiap kwartal selama empat tahun terakhir dan omzet penjualan mengalami rata rata peningkatan sebesar 1.2 % tiap kwartal selama empat tahun terakhir. Pada perhitungan Least square biaya periklanan, biaya penjualan personal, biaya promosi penjualan, biaya publisitas dan pemasaran langsung diketahui bahwa prediksi tahun 2014 (Kwartal I-III). Mengalami kejadian naik dan turun. Omzet penjualan dan volume pejualan diketahui bahwa prediksi omzet penjulan untuk tahun 2014 (Kwartal I-III). terus mengalami peningkatan. Secara keseluruhan, variabel bebas yang terdiri dari variabel Biaya Perikanan (X1), Biaya Prsonal Selling (X2), Biaya Promosi Penjualan (X3), Biaya Publisitas (X4) dan variabel Biaya Pemasaran Langsung (X5) berpengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan sepeda motor Honda pada Dealer Sepeda Motor PT. Nusantara Surya Sakti Bululawang (Y).

English Abstract

Nowadays technology is developing increasingly sophisticated requiring companies must increasingly compete one on motors cycle. The marketing mix is one of the tools used to gain market share. Promotional mix is part of the marketing mix that is most important in gaining market share because it is giving information, influence, and recalls. In the promotional mix there are several variable. The purpose of this research aims to know the mix of variables influence promotion comprising of sales promotions, public relations, advertising, personal sales, and direct sales to increased sales volumes. This research method using case study on PT Nusantara Surya Sakti using data sales in 2010 to 2013 and from research that has been conducted sales increased 1.2% per each kwartal based on result research results revealed that sales volumes experienced average an increase of 1.2% each kwartal for four years and average turnover experienced an increase of 1.2% each kwartal during the last four years. Least square estimates the cost of advertising, personal selling costs, costs of sales promotions, direct marketing and publicity costs note that predictions by 2014 (Quarter I-III). Experienced ups and downs. Turnover and volume sales in mind that previous turnover forecast to 2014 (Quarter I-III). continue to experience increased. Overall, the free variables of the variable Costs of fisheries (X1), cost of Selling Prsonal (X2), the cost of sales promotions (X3), the cost of Publicity (X4) and variable Cost direct marketing (X5) significant influential variable volume of sales of motor bikes Honda Motorcycle Dealers in PT Nusantara Surya Shakti Bululawang (Y).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/637/051407650
Uncontrolled Keywords: Bauran Promosi, Penjualan; Promotion Mix, Sales Volume
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Nov 2014 10:48
Last Modified: 24 Nov 2021 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116766
[thumbnail of PERANAN_BAURAN_PROMOSI_TERHADAP_PENINGKATAN_VOLUME_PENJUALAN.pdf]
Preview
Text
PERANAN_BAURAN_PROMOSI_TERHADAP_PENINGKATAN_VOLUME_PENJUALAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item