Analisis Efektivitas Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan (Studi pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Probolinggo)

Pertiwi, Rizka Novianti (2014) Analisis Efektivitas Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan (Studi pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah mengamanatkan Pajak Bumi dan Bangunan yang sebelumnya menjadi Pajak Pusat kini menjadi Pajak Daerah. Peralihan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan ke seluruh pemerintah Kabupaten/Kota dimulai paling lambat dilakukan pada tanggal 1 Januari 2014. Kota Probolinggo merupakan salah satu kota yang sudah menerapkan Pajak Bumi dan Bangunan menjadi Pajak Daerah pada tahun 2013. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Probolinggo dan upaya yang dilakukan dalam optimalisasi pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Probolinggo. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, efektivitas pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Probolinggo secara keseluruhan ini kurang efektif karena selama 6 tahun dari tahun 2008-2013 belum pernah mencapai target penerimaan yang telah ditentukan. Realisasi penerimaan terendah pada tahun 2010 sebesar 72,12% dengan kriteria kurang efektif. Sedangkan realisasi penerimaan tertinggi pada tahun 2013 sebesar 83,48% dengan kriteria cukup efektif. Kenaikan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan pada tahun 2013 dikarenakan peralihan Pajak Bumi dan Bangunan menjadi Pajak Daerah dan faktor peningkatan sosialisasi pajak kepada Wajib Pajak. Upaya yang dilakukan dalam optimalisasi pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Probolinggo dari aspek segi penatalaksanaan administrasi, sosialisasi dan pemberian reward sudah cukup baik. Sebagai upaya dalam meningkatkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Probolinggo perlu melakukan pendataan ulang Objek Pajak Bumi dan Bangunan dengan menyesuaikan harga pasar dan perekonomian saat ini.

English Abstract

Law No. 28 of 2009 on Regional Taxes and Levies Tax on Land and Building mandates previously Tax Center is now a regional tax. Land and Building Tax Transitional Rural and Urban throughout the Regency/ City Government conducted begin no later than January 1, 2014. Probolinggo city is one of the cities that have implemented the tax on land and building be the Local Taxes in 2013. The purpose of the study to determine the effectiveness of Land and Building Tax collection in Probolinggo city and efforts implemented in optimizing the collection of land and buildings tax collection in Probolinggo city. The method used is descriptive research with qualitative approach. Data collection technique used interviews and documentation. The results of this study indicate that the effectiveness of land and building tax collection in Probolinggo city overall less effective because for 6 years from 2008-2013 have not reached the predetermined income target. Low receipts in 2010 amounted to 72.12% with less effective criteria. While the realization of the highest income in 2013 amounted to 83.48% with the criteria quite effective. The increase in land and building tax income in 2013 due to the transfer of land and building tax into Local Taxes and socialization increase factor to the tax payer. Effort that implemented in optimizing the tax on land and buildings collection in Probolinggo City of aspects in terms of administrative management, socialization and the provision of sufficient rewards quietly good. In an effort to improve the land and building tax income in Probolinggo city need to repeat data collection on Land and Building Tax Objects by adjusting the market price and the current economy.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/630/051407643
Uncontrolled Keywords: Pajak Bumi dan Bangunan, Efektivitas Pemungutan Pajak; Land and Building Tax, Tax Collection Effectiveness
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.22 Real property taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Nov 2014 09:05
Last Modified: 24 Nov 2021 04:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116759
[thumbnail of SKRIPSI___RIZKA_NOVIANTI_PERTIWI__105030407111017.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI___RIZKA_NOVIANTI_PERTIWI__105030407111017.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item