Pengaruh Pelatihan dan Pendidikan Terhadap Kualitas Calon Tenaga Kerja (Studi Pada Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja Singosari Kabupaten Malang).

Saputra, Revangga Dwi Cahya (2014) Pengaruh Pelatihan dan Pendidikan Terhadap Kualitas Calon Tenaga Kerja (Studi Pada Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja Singosari Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia saat ini menghadapi banyak masalah ketenagakerjaan yang sangat kompleks, terutama terkait masalah tingkat pengangguran di Indonesia yang fluktuatif. Tingkat pengangguran yag berfluktuasi ini disebabkan oleh pendidikan atau keterampilan yang dimiliki oleh calon tenaga kerja tidak sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Untuk mengatasi permasalahan ini maka pemerintah melalui Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja menyelenggarakan pelayanan publik berupa pelatihan calon tenaga kerja. Dengan adanya Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPTPK) ini, diharapkan kualitas tenaga kerja di Indonesia khususnya bagi masyarakat yang hanya mengenyam pendidikan setingkat SLTP dan SMA yang tidak mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dapat semakin meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian penjelasan. Lokasi penelitian dilakukan di UPT Pelatihan Kerja Singosari Malang. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Metode penentuan jumlah sampel dalam penelitin ini menggunakan rumus slovin dengan nilai tolerasi 10%, sehingga didapatkan 59 sampel dari 143 populasi peserta pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Singosari Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuesioner dan wawancara serta data sekunder yang dikumpulkan dari dokumen yang berasal dari instansi yang bersangkutan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara untuk melengkapi data. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Uji yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi uji multikolnieritas, uji heteroskedatisitas, dan uji normalitas, uji analisis regresi linier berganda meliputi analisis linier berganda dan koefisien determinasi, uji hipotesis meliputi uji simultan dan uji parsial, serta uji dominan. Hipotesis yang diajukan adalah adanya pengaruh antara pelatihan dan tingkat pendidikan terhadap peningkatan kualitas calon tenaga kerja. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji T serta uji dominan. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terhadap data yang ada, pengujian secara simultan memberikan kesimpulan bahwa dari kedua variabel yang terdiri dari pelatihan (X1) dan tingkat pendidikan (X2), berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kualitas calon tenaga kerja di UPT Pelatihan Kerja Singosari Kabupaten Malang. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa secara parsial hanya variabel pelatihan (X1) yang merupakan variabel yang signifikan. Dari uji Determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,225 yang artinya 22,5% kualitas calon tenaga kerja dipengaruhi oleh variabel bebas yang diteliti, yaitu variabel pelatihan (X1) dan tingkat pendidikan (X2), sedangkan sisanya sebesar 75% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

English Abstract

Indonesia is currently facing a lot of very complex employment issues, related to unemployment problems in Indonesia are fluctuatives. The unemployment rate is caused by education or skills possessed that has prospective workers are not in accordance with labor market needs. To overcome this problem, the government through the Employment Training Technical Implementation Unit organized a public service in the form of training prospective workers. With the Job Training Technical Implementation Unit (UPTPK), the expected quality of labor in Indonesia, especially for students who just finish their study at junior high school and senior high school can be increased. This study uses a quantitative approach with the research type of explanation. Location of the research conducted at the Training Unit of Work Singosari Malang. Measurement scale used by Likert scales. Method of determining the number of samples in this experiment using Slovin formula with 10% tolerance value, thus obtained 59 samples of 143 trainee population Job Training Unit in Malang Singosari. The data used in this study is primary data through questionnaires and interviews and also secondary data were collected from documents originating from the institutions concerned. Data collected through questionnaires and interviews. The analysis used is descriptive analysis. The test used is the validity and reliability, classical assumption test such as, multikolnieritas test, heteroskedatisitas test, and normality test, multiple linear regression analysis includes analysis and multiple linear coefficient of determination, including hypothesis testing and test simultaneous partial tests, and also the dominant test. The hypothesis is the influence of training and education to increase the quality of the candidates. Test equipment used for this research is a test instrument validity test, reliability test, and the classical assumption normality test includes, multicollinearity and heteroscedasticity test. Hypothesis testing is performed using the F test, T test and dominant test. For data analysis techniques using multiple linear regression analysis. Based on the research and discussion of existing data, simultaneously testing the conclusion that the two of variables which consists of training (X1) and education level (X2), a significant effect on improving the quality of candidates for employment in the Training Unit of Work Singosari Malang. The result analysis showed that partial training variable (X1) which is a significant variable. The test determination (R2) obtained a yield of 0.225 which means that 22.5% of quality candidates for employment is affected by the independent variables studied, namely the training variable (X1) and education level (X2), while the remaining 75% is influenced by other variables that does not examined in this study.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/559/051407307
Uncontrolled Keywords: Pelatihan,Pendidikan, Kualitas Calon Tenaga Kerja; Training, Education, Employment Candidate Quality
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.66 Utilization and training > 352.669 Training
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Nov 2014 10:25
Last Modified: 19 Nov 2021 07:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116677
[thumbnail of 1_Sampul.pdf]
Preview
Text
1_Sampul.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2_Motto.pdf]
Preview
Text
2_Motto.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3_Ringkasan.pdf]
Preview
Text
3_Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
4_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
5_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6_BAB_I.pdf]
Preview
Text
6_BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7_BAB_II.pdf]
Preview
Text
7_BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8_BAB_III.pdf]
Preview
Text
8_BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9_BAB_IV.pdf]
Preview
Text
9_BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10_BAB_V.pdf]
Preview
Text
10_BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
11_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12_Kuesioner.pdf]
Preview
Text
12_Kuesioner.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item