Pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Perum Jasa Tirta I Dalam Upaya Pemerataan Pembangunan Perekonomian Masyarakat (Studi Kasus Desa Sambi Gedhe, Kecamatan Sumber Pucung Kabupaten Malang)

Christianto, Hendra Arie (2014) Pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Perum Jasa Tirta I Dalam Upaya Pemerataan Pembangunan Perekonomian Masyarakat (Studi Kasus Desa Sambi Gedhe, Kecamatan Sumber Pucung Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian berjudul pelaksanaan program kemitraan dan bina lingkungan Perum Jasa Tirta I dalam upaya pemerataan pembangunan perekonomian masyarakat memiliki rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana pelaksanaan program kemitraan dan bina lingkungan Perum Jasa Tirta I. (2) Apa saja faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program kemitraan dan bina lingkungan Perum Jasa Tirta 1. (3) Apa saja dampak yang muncul dalam pelaksanaan program kemitraan dan bina lingkungan Perum Jasa Tirta I. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk : (1) Mengetahui pelaksanaan program kemitraan dan bina lingkungan Perum Jasa Tirta I (2) Mengetahui dan memberikan alternatif untuk program kemitraan dan bina lingkungan Perum Jasa Tirta I. (3) Menganalisis dampak yang muncul dalam pelaksanaan program kemitraan dan bina lingkungan Perum Jasa Tirta I. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini yang menjadi situs penelitian adalah Perum Jasa Tirta I Malang. Sumber data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapunn analis data menggunakan model interaktif Miles dan Hubberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama pelaksanaan program kemitraan dan bina lingkungan yang dilakukan berawal dari keseriusan Perum Jasa Tirta I dalam membangun program kerja organisasi untuk program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) dan tata cara pelaksanaan program kemitraan dan bina lingkungan Perum Jasa Tirta I yang telah sesuai dengan Permeneg BUMN No. PER-05/MBU/2007 tentang program kemitraan BUMN dengan usaha kecil dan program bina lingkungan. Kedua adalah sebagian besar program kemitraan dan bina lingkungan terelaisasi dengan baik sehingga output dan outcome dari pelaksanaan PKBL telah sesuai dengan fakta di lapangan hanya saja terkendala pada monitoring kegiatan usaha masing-masing mitra binaan Saran dari peneliti secara umum bahwa sepantasnya, berkaitan dengan pelaksanaan program kemitraan dan bina lingkungan Perum Jasa Tirta I Malang sebaiknya harus lebih aktif untuk memonitoring masyarakat binaannya terkait dengan keluhan-keluhan dalam usaha yang sedang dijalani agar perusahaan dengan pihak LSM dapat mengkaji masalah-masalah yang timbul serta dapat menyelesaikannya dengan baik.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/498/051406926
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.39 Managing executive personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 08 Oct 2014 08:42
Last Modified: 17 Nov 2021 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116611
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3.pdf]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4.pdf]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item