Perencanaan Skenario Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis UMKM (Studi Kasus pada Sentra Pengembangan Usaha Kerajinan Kulit Lantung Kelurahan Anggut Atas di Kota Bengkulu).

Tiffani, Firdha Ayu (2014) Perencanaan Skenario Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis UMKM (Studi Kasus pada Sentra Pengembangan Usaha Kerajinan Kulit Lantung Kelurahan Anggut Atas di Kota Bengkulu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang perencanaan skenario pengembangan ekonomi lokal yang berbasis UMKM pada sentra pengembangan kerajinan kulit lantung (Pohon Nangka) yang ada di Kelurahan Anggut Atas Kota Bengkulu. Pengembangan usaha kerajinan kulit lantung digunakan untuk mengembangkan potensi lokal atau penggunaan Sumber Daya Alam yang ada sehingga dapat digunakan secara efektif dan efisien. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk membuat sebuah model perencanaan skenario dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang diinginkan dan tidak diinginkan dalam sebuah perencanaan. Melalui perencanaan skenario, perencanaan mengenai pengembangan ekonomi lokal digunakan guna memberikan rekomendasi alternatif terkait dengan masalah-masalah yang dihadapi dalam perencanaan yakni kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus dari penelitian ini adalah mengenai tahapan dalam perencanaan skenario yang terdiri dari Tracking, Analyzing, Imaging, Deciding, Acting (TAIDA). Serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh sentra pengembangan usaha kerajinan kulit lantung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan studi pustaka. Pada proses analisis data yang digunakan adalah metode analisis data Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 2 focal concern (fokus utama ) yakni SDM dan peran pemerintah. Dalam focal concern terdapat Driving Force (Kekuatan Pendorong) yang dihadapi oleh sentra pengembangan kerajinan kulit lantung. Selanjutnya, yang menjadi Driving Forces ini adalah ekonomi dan politik. Baik ekonomi maupun teknologi belum dilaksanakan secara optimal sehingga masih menjadi kendala dalam perencanaan pengembangan ekonomi lokal di Kota Bengkulu. Rekomendasi yang diberikan berdasarkan temuan dari penelitian ini adalah dengan mengoptimalkan pemberian modal atau bantuan dana, pembuatan tempat pembudidayaan dari pohon lantung untuk menghindari kelangkaan SDA, penambahan teknologi canggih, serta pengoptimalan program kebijakan dengan pemberian informasi yang jelas mengenai dana pinjaman yang disediakan oleh pemerintah.

English Abstract

This study explains about the scenario planning of the development of SMEs-based local economy in business development center of putrid skin which located in Anggut Atas Urban Village Bengkulu City. Development of putrid leather is used to develop local potency or the using of natural resources effectively and efficiently. The objective of this research is to create a model of scenario planning in facing desirable and undesirable possibilities in a planning process. Through scenario planning, planning of the development of the local economy is used to provide alternative recommendations related to the problems encountered in the planning process including the undesirable possibilities. The type of research in this study is descriptive by using qualitative approach. Focus of this study is about stages in scenario planning consisting of Tracking, Analyzing, Imaging, Deciding, Acting (TAIDA). As well as supporting factors and obstacles faced by putrid leather business development centers. Data collection methods that used were interviews, questionnaires, documentation, and literatures study. The data analysis is using the method analysis of Miles and Huberman. The results showed that there are two focal concern (main focus) that is the Human Resources and the role of government. In focal concern there is driving forces face by putrid leather business development center. Those driving forces are economy and politic. Afterwards, the two driving forces has not been implemented optimally so that it is become an obstacle in economy development planning in Bengkulu City. Recommendations given based on the findings of this study is to optimize the provision of capital or funding, creating the cultivation of putrid trees to avoid the scarcity of natural resources, the addition of advanced technology, as well as optimizing policy program by providing clear information on loans provided by the government.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/406/051406297
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Skenario, Pengembangan Ekonomi Lokal, UMKM; Scenario Planning, Local Economic Development,SMEs
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.2 General considerations of public administration > 354.27 General topics of assistance > 354.279 Assistance to urban, suburban, rural areas; to small business > 354.279 9 Assistance to small business
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Oct 2014 14:09
Last Modified: 18 Dec 2021 15:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116513
[thumbnail of SKRIPSI_FIRDHA AYU TIFFANI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FIRDHA AYU TIFFANI.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item