Upaya Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (DISKOPERINDAG) dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Kediri (Studi pada Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kabupaten Kediri)

Septianingrum, Kiki (2014) Upaya Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (DISKOPERINDAG) dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Kediri (Studi pada Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti mengenai upaya Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kabupaten Kediri khususnya dalam pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM). Pemberdayaan merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah, dunia usaha dan masayarakat dalam bentuk penumbuhan iklim usaha pembinaan, dan pengembangan sehingga usaha kecil mampu menumbuhkan dan memperkuat dirinya menjadi usaha yang tangguh dan mandiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kabupaten Kediri dalam pemberdayaan UKM di Kabupaten Kediri. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan UKM di Kabupaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif dalam analisis data menurut Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kabupaten Kediri masih belum optimal karena masih terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh Dinas koperasi Industri dan Perdagangan Kabupaten Kediri. Permasalahan yang dijumpai yaitu meliputi jumlah tenaga ahli yang terbatas dalam menyelenggarakan pembinaan, anggaran yang masih terbatas, kesulitan dalam permodalan UKM serta pelaku UKM yang sering beralih produk. Pendukung dalam upaya pemberdayaan yaitu adanya dukungan dari Pemerintah dalam memberikan anggaran untuk pembinaan dan pembiayaan, adanya paguyuban Kelud Mandiri yang mewadahi UKM dan dukungan dari pihak terkait. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu dengan perlu menyelenggarakan diklat untuk pegawainya, perlu melakukan pengkajian ulang terhadap besarnya anggaran yang dibutuhkan, memudahkan para pelaku UKM untuk memperoleh bantuan modal, perlu menjadikan UKM sebagai partner kerja yang baik dan perlu melakukan pendataan ulang secara berkala kepada seluruh UKM yang ada di Kabupaten Kediri.

English Abstract

This study was motivated by researcher observations of the efforts of Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kabupaten Kediri particulary to empowering Small and Medium Enterprises (SMEs). Empowerment is an effort made by the government, businesses and the community in the form of business climate fostering growth and development so that small businesses are able to grow and strengthen the business itself to be strong and independent. The main problem of this research is what are the effort of Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kabupaten Kediri to empowering SMEs at Kabupaten Kediri. What are the factors supporting and inhibiting the empowerment of SMEs in Kediri. The method research used was a descriptive study with a qualitative approach. Data collection techniques include interviews, observation and documentation. Analysis of the data used is interactive model of data analysis by Miles and Huberman, namely data reduction, data display and conclusion. The results showed that the empowerment conducted by the Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kabupaten Kediri still not optimal because there are some problems faced by SMEs. The problems encountered in the field that includes a limited number of experts in organizing coaching, limited budget, difficulties in SME capital and SMEs who often switch products. Supporting the empowerment that are government, Paguyuban Kelud Mandiri and from another. Advice which can be given by researcher are improving officer skill by training, reassessment of budgeting, facilitate SMEs for Goverment Capital, put SMEs as working partner and updating data collection of SMEs in Kabupaten Kediri.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/385/051406049
Uncontrolled Keywords: Upaya, Pemberdayaan, UKM; Effort,Empowering, SMEs
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.2 General considerations of public administration > 354.27 General topics of assistance > 354.279 Assistance to urban, suburban, rural areas; to small business > 354.279 9 Assistance to small business
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 01 Oct 2014 15:14
Last Modified: 18 Dec 2021 14:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116488
[thumbnail of SKRIPSI_KIKI SEPTIANINGRUM.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_KIKI SEPTIANINGRUM.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item