Zen, Ella Raisa (2017) “Pengaruh Pesan Iklan Online Shop Terhadap Minat Pembelian Pelanggan ” (Studi Pada Situs Jual Beli Online Tokopedia.Com). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Individu dalam asumsi teori Elaboration Likelihood Model (ELM) memproses pesan persuasif seperti iklan dengan dua rute yang berbeda yaitu rute sentral dan rute periferal. Melalui rute sentral individu menilai sebuah pesan secara mendalam, hati-hati dan dengan pemikiran yang kritis, namun pada situasi lain melalui rute periferal individu menilai pesan tanpa mempertimbangkan argumen yang mendasari isi pesan tersebut (Petty dan Cacioppo dalam Littlejohn, 2002). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh daya tarik pesan iklan terhadap minat beli konsumen dalam menggunakan jasa Tokopedia.com. ELM digunakan untuk mengukur proses penerimaan pesan pada individu melalui rute periferal dan rute sentral. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data kuantitatif. Bentuk eksperimen yang dipilih adalah posttest only control group design yang dibagi menjadi dua kelompok sampling yaitu: kelompok kontrol dan kelompok eksperimen (kelompok yang diberi treatment berupa tayangan iklan Tokopedia.com). Hasil uji hipotesis independent sampel t-test menunjukkan terdapat perbedaan kognitif antara sampling eksperimen dan sampling kontrol terhadap minat beli. Hasil uji t variabel minat beli menunjukkan nilai t hitung untuk equal variances assumed (ragam yang sama) sebesar 2,817 dan nilai sig.t sebesar 0,007, karena nilai sig.t (0,007) < α = 5%, maka Hₒ ditolak. Sehingga dapat disimpulkan dalam Elaboration Likelihood Model iklan Tokopedia.com diproses melalui rute sentral dan rute periferal memiliki pengaruh terhadap minat beli dalam menggunakan jasa Tokopedia.com.
English Abstract
The assumptions underlying the Elaboration Likelihood Model (ELM) theory is that people process persuasive messages, particularly advertisement with two different routes: central and peripheral. Trough central route, individuals critically and deeply interpret the messages, while in another situation, through peripheral route individuals receiving messages without considering arguments underlying the contents (Petty and Cacioppo on Littlejohn, 2002). This research aims to determine the effect of attractiveness advertising messages online shop on customer purchase interest in using Tokopedia.com services. This research use ELM to measure the process of receiving a message on individuals through the peripheral and central route. The method used is experimental with questionnaire as a quantitative data collection tool. Shape experiment chosen is the posttest only control group design to divide the two groups of sampling: control group and the experimental group (the group that given Tokopedia.com ads as treatment). Hipothesis testing result of independent sample t-test showed the cognitive differences between experimental and control sampling towards purchase intention. The result of t-test buying interest variable shows, value of arithmetic for equal variances assumed is 2,817 and the value of sig.t is 0,007, because sig.t (0,007) less than α number equal to 5%, then Hₒ is rejected. The conclusion is in ELM, Tokopedia.com advertising, which is processed by central and peripheral rote, affects purchase intention in using Tokopedia.com services.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/514/051706075 |
Uncontrolled Keywords: | Elaboration Likelihood Model (ELM), Pesan Iklan, Minat Beli, Penelitian Eksperimental |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 07:33 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 03:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1164 |
![]() |
Text
Ella Raisa Zen.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |