Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Ekuitas Merek (Studi pada konsumen mobil Toyota Avanza tahun 2012 di Auto 2000 Malang cabang Sukun)

Wicaksono, Agung (2014) Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Ekuitas Merek (Studi pada konsumen mobil Toyota Avanza tahun 2012 di Auto 2000 Malang cabang Sukun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh secara dominan terhadap Ekuitas merek.Adapun Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk Periklanan (X1), Hubungan Pelanggan (X2) dan Penjualan Personal (X3). Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ekutas Merek(Y). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah explanatory research yang mana menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebar kepada 92 responden yang merupakan konsumen toyota Avanza tahun 2012. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 13.0 for windows.Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas.Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa variabel Periklanan, Hubungan pelanggan, Penjualan personal secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Ekuitas Merek dan secara sendiri-sendiri ketiga variabel juga berpengaruh signifikan terhadap Ekuitas Merek.Hubungan Pelanggan merupakan variabel dominan yang mempengaruhi Ekuitas Merek. Hal ini mengindikasikan bahwa konsumen dalam membeli mobil memperhatikan bagaimana pihak penjual dalam memberikan keistimewaan kepada pelanggan sebelum dan sesudah membeli produknya.Dengan nilai AdjustedRSquare sebesar 0,516 menunjukkan bahwa Ekuitas merek pada mobil toyota Avanza dipengaruhi oleh variabel-variabel Komunikasi Pemasaran, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar ketiga variabel bebas yang diteliti.

English Abstract

This study aims to determine how the effect of marketing communications jointly or individually as well as to determine which variables are the dominant influence on brand equity. The independent variables used in this study is a form of advertising (X1), Customer Relationship (X2) and Personal Selling (X3). The dependent variable used in this study is Brand Equity (Y). This type of research in this study is explanatory research which uses a questionnaire research instruments were distributed to 92 respondents who are consumers of 2012 Toyota Avanza. Processing data using SPSS 13.0 software for windows.To test the validity of the test instrument use, and reliability testing. As for the technique of data analysis using descriptive analysis and multiple linear regression analysis. From the results of this study found that the variable Advertising, Customer Relations, Sales personnel jointly significant effect on brand equity and individually the three variables also have a significant effect on brand equity. Customer relationship is the dominant variable affecting brand equity. This indicates that consumers in buying the car the seller to pay attention to how the privileges for customers before and after purchasing the product. With the value of Adjusted R Square of 0.516 indicates that brand equity on Toyota Avanza car is influenced by variables of marketing communications, while the rest is influenced by other factors outside of the three independent variables studied.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/274/051404408
Uncontrolled Keywords: Periklanan, Hubungan Pelanggan, Penjualan Personal, Ekuitas Merek; Advertising, Customer Relations, Personal Selling, Brand Equity
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Aug 2014 09:34
Last Modified: 11 Nov 2021 16:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116371
[thumbnail of Skripsi_BAB_Full_Fix_(AgungW_0910323067)x.pdf]
Preview
Text
Skripsi_BAB_Full_Fix_(AgungW_0910323067)x.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item