Nugraha, FafanYuda (2014) Pengaruh Penerapan Registrasi Ulang Pengusaha Kena Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Terhadap Pengusaha Kena Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari upaya modernisasi perpajakan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP), dimana pada tahun 2012 DJP melakukan reformasi administrasi sektor PPN dengan menertibkan para Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang telah dikukuhkan melalui penerapan program Registrasi Ulang PKP. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel Peningkatan Pelayanan (X1), Penertiban Administrasi (X2), dan Pengawasan (X3) secara simultan dan parsial terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory research, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada 68 PKP terdaftar di KPP Pratama Singosari. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda yang dibantu dengan software SPSS versi 16. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh gambaran rata-rata hasil jawaban responden untuk Variabel Peningkatan Pelayanan (X1) adalah setuju dengan nilai mean sebesar 3,87. Pada variabel Penertiban Administrasi (X2) mayoritas responden juga memberikan jawaban setuju dengan nilai mean yaitu 3,82. Kemudian pada variabel Pengawasan (X3) rata-rata responden menjawab setuju dengan nilai mean 3,84. Sementara pada variabel Kepatuhan Wajib Pajak (Y) rata-rata hasil jawaban responden juga menunjuk pada jawaban setuju, hal ini ditunjukkan dengan nilai mean sebesar 4,16. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel Peningkatan Pelayanan (X1), Penertiban Administrasi (X2), dan Pengawasan (X3) mempunyai pengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib p ajak (Y). Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji signifikansi dimana nilai Sig. sebesar 0,000. Jika dibandingkan dengan α = 0,05, nilai Sig. lebih kecil daripada α, yaitu 0,000 (0,000<0,05). Sementara dari hasil uji parsial diketahui besarnya t hitung variabel X1 terhadap variabel Y adalah 1,865. Artinya t hitung > t tabel (1,865 >1,67). Besarnya t hitung variabel X2 terhadap variabel Y adalah 4,470. Artinya t hitung > t tabel (4,470 >1,67). Kemudian besarnya t hitung variabel X3 terhadap variabel Y adalah -1,305. Artinya t hitung < t tabel (-1,305<1,67). Sebaiknya pihak KPP Pratama Singosari diharapkan dapat meningkatkan transparansi penggunaan dana pajak melalui media sosial dan mengusulkan penyederhanaan prosedur pelaksanaan Program Registrasi Ulang ke Kantor Wilayah DJP Jawa Timur III agar dapat meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak.
English Abstract
This research was backed by the efforts of modernisation of the taxation of carried out by the Directorate General of Taxation ( DJP ) , where in 2012 the DJP sector reform VAT administration to curb the Taxable Person ( PKP ) which has been confirmed through the implementation of PKP Re- Registration program. This study aimed to clarify the effect of variable Service Improvement ( X1 ) , Control Administration ( X2 ) , and Control ( X3 ) simultaneously and partially on Taxpayer Compliance ( Y ) . The method used in this research is explanatory research method , using a questionnaire as a data collection tool that is distributed to 68 registered in STO PFM Singosari . Analysis of the data in this study using descriptive analysis and multiple linear regression analysis aided by SPSS software version 16 . Based on the analysis results obtained descriptive overview of the average results for the respondents answers Variable Service Improvement ( X1 ) is agreed with the mean value of 3.87 . In the Administration Control variables ( X2 ) the majority of respondents also gave an answer that agrees with a mean of 3.82 . Later on Oversight variable ( X3 ) average respondent answered disagree with a mean of 3.84 . While the Taxpayer Compliance variable ( Y ) averages the respondents also pointed to agree on the answer , as shown by the mean value of 4.16 . The results of multiple linear regression analysis showed that the variable Service Improvement ( X1 ) , Control Administration ( X2 ) , and Control ( X3 ) has a significant influence on simultaneously and Taxpayer Compliance ( Y ) . This is indicated by the results of tests of significance where the Sig . of 0.000 . When compared with α = 0.05 , Sig . smaller than α , ie 0.000 ( 0.000 < 0.05 ) . While the magnitude of the partial test results are known t X1 variable to variable Y is 1.865 . This means that t count > t table ( 1.865 > 1.67 ) . The magnitude of the t variable to variable Y X2 is 4.470 . This means that t count > t table ( 4.470 > 1.67 ) . Then the magnitude of the t variable X3 to variable Y is -1.305 . This means that t < t table ( -1.305 < 1.67 ) . The Singosari STO is expected to increase the transparency of the use of tax funds through social media and propose simplification of procedures for the implementation of the Re- Registration Program to East Java Regional Office III to improve tax compliance
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/138/051402638 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 07 May 2014 08:07 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116220 |
Preview |
Text
Daftar_Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran-lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Other
Cover+Percilan.pdf Download (0B) |
|
Preview |
Text
Daftar_Isi+Pengantar.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |