Analisis Metode Dan Prosedur Pelaksanaan Rekrutmen Dan Seleksi Untuk Mendapatkan Karyawan Yang Bermutu (Studi Kasus Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang)

Puspitasari, Rizki Amanda (2014) Analisis Metode Dan Prosedur Pelaksanaan Rekrutmen Dan Seleksi Untuk Mendapatkan Karyawan Yang Bermutu (Studi Kasus Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini sumber daya manusia berpengaruh terhadap kemajuan suatu perusahaan. karyawan bagi perusahaan merupakan aset atau investasi yang dimiliki oleh perusahaan, terutama karyawan yang bermutu dapat meningkatkan mutu perusahaan. Oleh karena itu dalam memilih karyawan perusahaan akan menerapkan metode tertentu dalam pelaksanaan rekrutmen dan seleksi dengan harapan akan mendapatkan karyawan sesuai dengan keinginan perusahaan. Rekrutmen dan seleksi merupakan langkah awal perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang bermutu sebelum pelamar yang terpilih akan dipekerjakan dan dikembangkan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan tentang metode dan prosedur rekrutmen yang selama ini digunakan oleh PDAM kota Malang, (2) Untuk menjelaskan tentang metode dan prosedur seleksi yang selama ini digunakan oleh PDAM kota Malang, (3) untuk menjelaskan pengertian dan ciri-ciri karyawan yang bermutu menurut PDAM Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada PDAM Kota Malang, yang beralamatkan di Jl. Terusan Danau Sentani No. 100 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan menggunakan 3 responden yaitu asisten manajer pengembangan SDM, Karyawan SDM, dan karyawan PDAM Kota Malang. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data yang berkaitan dengan rekrutmen dan seleksi pada PDAM Kota Malang. Data primer diperoleh dari wawancara. Data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan sumber lain sebagai pendukung data primer. Analisis data dilakukan dengan perbandingan dengan teori yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDAM Kota Malang dalam rekrutmen menggunakan metode eksternal dengan memanfaatkan media koran dan internet dengan sistem pendaftaran online untuk merekrut pelamar. seleksi dilakukan dengan dua metode yaitu metode seleksi administrasi dan metode seleksi manajemen.Karyawan yang bermutu adalah karyawan yang mampu lekasanakan tugas yang diberikan dan memiliki skill, serta bercirikan disiplin, kreatif, loyal, bekerja maksimal, dan memiliki keahlian. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa untuk mendapatkan karyawan yang bermutu PDAM Kota Malang menggunakan kemajuan teknologi, melakukan berbagai macam tes dan penilaian serta menurut perusahaan karyawan yang bermutu berdasarkan pada ciri-cirinya. Saran yang diberikan adalah agar perusahaan membina kerjasama dengan lembaga sekolah, dan mempertimbangkan teori sebagai masukan untuk rekrutmen dan seleksi selanjutnya.

English Abstract

Human resource may influence the progress of a company. The employees of a company are the asset or investment owned by the company. Qualified employees indeed improve the quality of company. Therefore, selecting company employees involves applying certain method to the recruitment and selection in order to obtain the employees based on company interest. Recruitment and selection are the early step of company to obtain the qualified employees before the selected applicants are employed and developed by company. The objectives of research are (1) to explain the method and procedure of recruitment used by PDAM of Malang City; (2) to elaborate the method and procedure of selection used by PDAM of Malang City; and (3) to provide explanation about the judgment used by PDAM of Malang City over the applicant to obtain the qualified employee. Research type is qualitative descriptive. The location of research is at PDAM of Malang City, precisely at Jl. Terusan Danau Sentani No.100 of Malang. Data collection technique involves interview and documentation. Interview is conducted with 3 respondents such as the assistant manager of Human Resource development, the employee of Human Resource development, and the employee of PDAM of Malang City. Documentation involves collecting the data related to recruitment and selection for the employee of PDAM of Malang City. Primary data are obtained from interview. Secondary data are obtained from documentation and other source as the supplementary to primary data. Data analysis is by comparing data with the related theories. The results showed that PDAM Malang in using an external recruitment by utilizing newspapers and internet media with the online registration system to recruit appicants. Selection is done by two methods, namely the selection method of administration and management selection methods. Qualified employee is an employee who is able to carry out the tasks assigned by the company and have the skills, and characterized by disclipline, creative, loyal, working up, the dam has expertise. It is then conclusion that to get quality employees PDAM Malang using advances in technology, perform a variety of test and assessments as well as according to the company employees who qualified based on their characteristics. Advice given in for the company to establish cooperation with the school institution, and consider the theory as input for further recruitment and selection.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/135/051402596
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 05 May 2014 14:12
Last Modified: 14 Dec 2021 04:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116217
[thumbnail of SKRIPSI_RIZKI AMANDA PUSPITASARI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_RIZKI AMANDA PUSPITASARI.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item