Viatika, Rahmawati (2013) Akuntabilitas Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Bagi Peningkatan Penyelenggaraan Pendidikan Luar Biasa (Studi Pada Smplbn Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
BOS adalah program pemerintah untuk penyediaan pendanaan biaya operasi non personalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Penggunaan dana BOS didasarkan pada kesepakatan dan keputusan bersama tim manajemen BOS sekolah. Banyak penyimpangan penggunaan dana BOS yang disebabkan ketidaktahuan orang tua dan masyarakat tentang BOS, penyusunan rencana penggunaan BOS yang diajukan sekolah juga tidak mengikutsertakan komite dan tidak dicantumkan dalam RKAS. Fokus penelitian ini adalah (1) akuntabilitas Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Kota Blitar, (2) faktor-faktor yang dihadapi dalam akuntabilitas Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Kota Blitar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas BOS di SMPLBN Kota Blitar telah berjalan dengan baik, indikasinya yaitu penggunaan dana sesuai dengan perundang-undangan dan petunjuk teknis penggunaan dana BOS. Akuntabilitas administrasi ditandai dengan tim manajemen BOS melibatkan komite sekolah untuk menyusun RKAS serta sebagai kontrol dalam perencanaan penggunaan dana BOS, adanya sosialisasi program BOS kepada orang tua siswa, rekapitulasi penggunaan dana dipublikasikan di papan pengumuman sekolah. Faktor internal akuntabilitas adalah kejelasan laporan, kesesuaian antara laporan dengan bukti pendukung, kesesuaian penggunaan dana dengan juknis yang telah ditetapkan tim manajemen BOS pusat. Faktor eksternal yang mempengaruhi akuntabilitas BOS di SMPLBN kota Blitar adalah keterbukaan dalam penggunaan dana. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah (1) perlu diberikan fleksibilitas penggunaan dana BOS agar dapat didasarkan pada kesepakatan daerah sehingga dapat disesuaikan dengan mempertimbangkan kebutuhan anak luar biasa, (2) Frekuensi pelaporan BOS dari sekolah sebaiknya cukup dilakukan setiap semester supaya tidak membebani sekolah dan mengganggu kegiatan pembelajaran, (3) Dinas Pendidikan selama ini telah melakukan pengawasan dengan baik, akan tetapi masih perlu ditingkatkan lagi agar pengelola BOS di SMPLBN kota Blitar dapat segera mengatasi permasalahannya dalam menyusun pelaporan penggunaan dana BOS, (4). Akuntabilitas BOS di SMPLBN kota Blitar telah berjalan dengan baik, maka hendaknya dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengelolaan dana BOS bagi sekolah-sekolah lain di kota Blitar.
English Abstract
School Operational Cost (BOS) is a government program to provide nonpersonnel operational cost dedicated to education institutions organizing the compulsory education. The purpose of BOS based on the agreevment and decision of BOS management team. Many misuses caused by many factors such as the parents ignorance about BOS implementation, the incomprehension of arrangement of school budget estimation, didn’t inovolve and the school committeein School Budget and Activity Plan (RKAS). This research focused in: 1) The accountability of School Operation Cost (BOS) in Special Junior High School of Blitar, 2) Factors accountability of School Operational Cost (BOS) in Special Junior High School of Blitar. Data Collecting methods used are observation, interview, documentation, and questionnaire. While data analysis methods applied are data reducation, data representation, and data verification. The result that the accountability of School Operational Cost (BOS) in Special Junior High School of Blitar is well done indicated by the correspondence between the purpose and the technical instructiondetermined. External factors regarding the accountability of School Operational Cost (BOS) in Special Junior High School of Blitar is the openness in financing. The recommendations suggested by this research are: 1) flexibility in applying School operational Cost (BOS) (based on region deal) is needed so it fits on the special student necessuty, 2) School operational Cost (BOS) reporting is better done once per semester in order to not to burden the school instructional activites, 3) on duty education during the time have conducted to monitoring better, however still require to be improve againt BOS organizer in special junior high school of Blitar earn immediatelly overcome it’s problems in compling reporting of usu of school operational fund, 4) accountability school operational cost in special junior high school of Blitar have effective hence shall can by mode as reference in fund management for other school in Blitar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2013/601/051402215 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 03 Apr 2014 07:48 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116141 |
Preview |
Text
sampul.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_1-5_new.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_isi__dkk.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
lamp1.pdf Download (9MB) | Preview |
Preview |
Text
lamp2.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |