Proses Pelaksanaan Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2010 (Studi Kasus Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo

Paskarina, Sarah (2013) Proses Pelaksanaan Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2010 (Studi Kasus Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam Mewujudkan Pemerintahan Yang Baik, Pemerintah Dituntut Mampu Memberikan Pelayanan Yang Prima Serta Menciptakan Pemerintahan Yang Lebih Baik. Sehingga Untuk Mewujudkannya Pemerintah Memerlukan Sumber Daya Aparatur Yang Memiliki Kualitas Dan Berkompeten Dalam Bidangnya. Pentingnya, Peran Dari Sumber Daya Aparatur Itu Dapat Dilihat Bagaimana Kualitas Kinerja, Pengembangan Mental Spiritualitas Dari Aparatur Pemerintah Tersebut Dalam Menyelenggarakan Tatanan Pemerintahannya. Serta Untuk Memperoleh Kualitas Kinerja Dari Aparatur Pemerintah Yang Demikian, Maka Diperlukan Adanya Sumber Daya Aparatur Yang Dipilih Secara Selektif. Pemilihan Aparatur Pemerintah Ini Dapat Dilakukan Melalui Proses Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil. Oleh Karena Itu, Dalam Pelaksanaan Rekrutmen Ini Diharapkan Dapat Menghasilkan Para Aparatur Pemerintah Yang Mampu Bertugas Untuk Menyejahterakan Masyarakat. Metodologi Penelitian Skripsi Ini Meliputi Jenis Penelitian, Fokus Penelitian, Jenis Sumber Data, Teknik Pengumpulan Data, Instrumen Penelitian Dan Analisis Data. Jenis Penelitian Skripsi Ini Menggunakan Penelitian Deskriptif Dengan Pendekatan Kualitatif. Di Dalam Fokus Penelitian Ini Terdiri Dari Proses Pelaksanaan Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Dan Faktor-Faktor Penghambat Dari Pelaksanaan Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Tersebut. Jenis Sumber Data Antara Lain Primer Dan Sekunder. Sedangkan, Teknik Dari Pengumpulan Data Yaitu Melalui Interview, Observasi, Dan Dokumentasi. Instrumen Penelitian Ini Terdiri Dari Peneliti Itu Sendiri, Pedoman Wawancara, Dan Catatan Lapangan. Dan Analisis Data Meliputi Pengumpulan, Penyajian Data, Dan Penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian Inilah Adalah Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Mampu Mandiri Dalam Pelaksanaan Rekrutmen Sumber Daya Aparatur. Proses Pelaksanaan Rekrutmen Meliputi Analisa Kebutuhan Pegawai Baik Analisa Beban Kerja Dan Jabatan. Setelah Itu, Memberikan Pengumuman Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Baik Di Media Masa Maupun Media Elektronik, Serta Pendaftaran, Seleksi, Penerimaan Dan Penempatan. Walaupun Masih Ada Kendala, Antara Lain Kendala Yang Yang Terjadi Dalam Proses Pelaksanaan Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Ini, Seperti Kesalahan Teknis Yang Dilakukan Oleh Calon Pelamar Itu Sendiri. Kendala-Kendala Yang Terjadi Dalam Pelaksanaan Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Ini Mampu Diatasi Oleh Pihak Panita Penyelenggara. Meskipun Kendala-Kendala Itu Masih Terjadi Dalam Proses Pelakasanaan Rekrutmen Ini Dapat Dikatakan Secara Keseluruhan Berjalan Sesuai Dengan Yang Diharapkan. Saran Dari Hasil Penelitian Ini Adalah Untuk Mengurangi Kendala Dalam Pelaksanaan Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Khususnya Kendala Teknis Yang Terjadi. Yaitu Pihak Panitia Pelaksana Rekrutmen Ini Dapat Memberikan Penjelasan Secara Langsung Dan Terperinci Mengenai Prosedur-Prosedur Apa Saja Yang Harus Dipenuhi Oleh Calon Pegawai Negeri Sipil Tersebut. Sehingga Dengan Cara Ini Diharapkan Dapat Meminimalisir Kesalahan Yang Dilakukan Oleh Para Calon Pegawai Negeri Sipil. Dan Badan Kepegawaian Daerah Diharapkan Juga Mengevaluasi Terhadap Serangkaian Proses Pelaksanaan Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Mulai Dari Pembentukan Formasi Dan Penempatan Calon Pegawai Negeri Sipil Apa Sudah Dapat Berjalan Dengan Baik Atau Belum. Hal Ini Mengantisipasi Agar Ke Depannya Setiap Kendala Yang Telah Terjadi Dalam Pelaksanaan Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2010 Di Kabupaten Sidoarjo Tidak Terulang Kembali.

English Abstract

In Order To Realize Good Governance, The Government Is Requested To Provide Excellent Service And Create A Better Government. So As To Realize The Government Requires Personnel Resources That Have Quality And Are Competent In Their Field. Importance, The Role Of The Personnel Resources Can Be Seen How The Quality Of Performance, Spirituality Mental Development Of The Government Apparatus In Running Order Reign. And To Increase The Quality Of The Performance Of The Government Apparatus, Thus It Is Necessary To Selected Personnel Resources Selectively. Apparatus Government Elections Can Be Done Through The Recruitment Process Candidates For Civil Servants. Therefore, In The Implementation Of Recruitment Is Expected To Result In The Government Apparatus Capable Of Serving For The Welfare Of Society The Research Methodology Of This Thesis Include The Type Of Research, The Focus Of Research, Types Of Data Sources, Data Collection Techniques, Research Instruments And Data Analysis. Type Of Thesis Research Uses Descriptive Study With A Qualitative Approach. In The Focus Of This Study Consisted Of The Implementation Process Of Recruiting Candidates For Civil Servants And The Factors Inhibiting The Implementation Of The Recruitment Of Candidates For Civil Servants Is. Types Of Data Sources Such As Primer And Secondary. Meanwhile, The Technique Of Collecting Data Through Interviews, Observation, And Documentation. The Research Instrument Consisted Of Researchers Themselves, Guidance Interviews, And Field Notes. Includes The Collection And Analysis Of Data, Presentation Of Data, And Drawing Conclusions. The Results Of This Study Are Capable Of Independent Sidoarjo Regency Government In The Implementation Of Recruitment Of Personnel Resources. Implementation Of The Recruitment Process Includes The Analysis Of Both Employee Needs Analysis Workload And Job Title. After That, Make An Announcement Recruiting Good Candidates For Civil Servants In The Mass Media And Electronic Media, As Well As The Application, Selection, Admission And Placement. Although There Are Still Obstacles, Among Other Constraints That Occur In The Process Of Implementation Of The Civil Service Recruitment Candidates, Such As Technical Errors Made By The Applicants Themselves. Constraints That Occur In The Implementation Of Recruitment Of Candidates For Civil Servants Is Able To Be Overcome By The Committee Organizers. Despite The Obstacles That Still Occur In The Recruitment Process Can Be Said To Be Exercising Overall Running As Expected. Suggestion Of This Research Is To Reduce Obstacles In The Implementation Of The Recruitment Of Candidates For Civil Servants In Particular Technical Problems Occur. Namely Recruitment Executive Committee Can Provide Direct And Detailed Explanations About What Procedures Should Filled By The Candidates For Civil Servants. So In This Way Is Expected To Minimize The Mistakes Made By The Candidate For Civil Servants. And The Regional Employment Board Is Expected To Also Evaluate The Implementation Process Of A Series Of Candidates For Civil Servants Recruitment Ranging From The Formation And Placement Of Candidates For Civil Servants What Can Already Be Run Well Or Not. It Is Anticipated That In The Future Any Problems That Have Occurred In The Implementation Of The Recruitment Of Candidates For Civil Servants In 2010 In Sidoarjo Not Recur

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/555/051400260
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jan 2014 10:49
Last Modified: 22 Oct 2021 02:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116098
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of cover_new.pdf]
Preview
Text
cover_new.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR__PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item