Pengaruh variabel Customer Satisfaction terhadap Switching Barrier dan Customer Retention (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2012-2013 Universitas Brawijaya yang pernah

Kumalasari, Indah (2013) Pengaruh variabel Customer Satisfaction terhadap Switching Barrier dan Customer Retention (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2012-2013 Universitas Brawijaya yang pernah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi semakin maraknya bisnis fast food yang mulai berkembang dan menimbulkan persaingan yang kuat. Salah satu cara untuk mengatasi masalah persaingan tersebut yaitu dengan menciptakan suatu Customer Satisfaction sehingga memunculkan suatu Switching Barrier demi terciptanya Customer Retention . Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Customer Satisfaction terhadap Switching Barrier dan Customer Retention . Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan simple random sampling . Penelitian ini digunakan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan yaitu terdapat pengaruh signifikan antara variabel bebas Customer Satisfaction dengan Switching Barrier dan Customer Retention sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2012-2013 Universitas Brawijaya yang pernah melakukan pembelian di McDonald’s Malang dan diperoleh sampel berjumlah 102 orang responden dengan menggunakan rumus Machin. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur ( path analysis ). Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Customer Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Switching Barrier , Customer Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Customer Retention , dan Switching Barrier berpengaruh signifikan terhadap Custimer Retention . Ketepatan model (R 2 ) dari ketiga variabel yaitu 0,855. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Customer Satisfaction berpengaruh terhadap Customer Retention baik secara langsung maupun tidak langsung yang melalui Switching Barrier . Untuk dapat meningkatkan penjualan, sebaiknya pihak McDonald’s lebih memperbaiki kualitas pelayanan dan fasilitas gerai karena berdasarkan hasil penelitian ini kedua unsur tersebut kurang optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/459/051309625
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Nov 2013 13:35
Last Modified: 22 Oct 2021 01:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116012
[thumbnail of 9.DAFTAR_GAMBAR.pdf]
Preview
Text
9.DAFTAR_GAMBAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10.DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
10.DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12.BAB_II.pdf]
Preview
Text
12.BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 11.BAB_I.pdf]
Preview
Text
11.BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14.BAB_IV.pdf]
Preview
Text
14.BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13.BAB_III.pdf]
Preview
Text
13.BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 15.BAB_V.pdf]
Preview
Text
15.BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 16.DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
16.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lembar_persetujuan_dan_lembar_pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar_persetujuan_dan_lembar_pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1.cover_skripsi.pdf]
Preview
Text
1.cover_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4.RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
4.RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.MOTTO.pdf]
Preview
Text
2.MOTTO.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5.summary.pdf]
Preview
Text
5.summary.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7.DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
7.DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6.KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
6.KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8.DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
8.DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item