Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Green Purchasing (Survei pada Pelanggan Tupperware di Kota Malang)

Jayanti, NiarieDwi (2013) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Green Purchasing (Survei pada Pelanggan Tupperware di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi isu lingkungan hidup yang menjadi perhatian penting bagi konsumen, produsen maupun pemasar. Konsumen diharapkan mampu menerapkan kriteria pembelian hijau ( green purchasing) salah satunya membeli produk ramah lingkungan. Green product merupakan produk inovasi yang memberikan dampak besar dalam pelestarian lingkungan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang membentuk Individual Diffrences serta pengaruhnya secara bersama-sama dan parsial terhadap Green Purchasing . Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 orang responden yang merupakan pelanggan Tupperware di Kota Malang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor, dan analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling . Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa ada empat variabel yang membentuk Individual Differences , yaitu Pengetahuan, Green Attitude, Pendapatan, dan Waktu. Variabel Pengetahuan, Green Attitude, Pendapatan, dan Waktu secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Green Purchasing Structures . Hubungannya dapat ditunjuukan dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,644 dan nilai koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,414 atau 41,4% dengan nilai F hitung sebesar 17,143 dengan signifikansi 0,000 (p<0,005). Secara parsial, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan dan Green Attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap Green Purchasing Structure, sedangkan variabel Pendapatan dan Waktu tidak berpengaruh signifikan terhadap Green Purchasing Structure. Kesimpulan dari penelitian ini, ada 4 variabel yang membentuk Individual Differences , yaitu Pengetahuan, Green Atttude, Pendapatan, dan Waktu. Perusahaan sebaiknya lebih meningkatkan kegiatan promosi dan pengenalan mengenai value yang terdapat pada konsep ramah lingkungan yang ingin dilekatkan pada produk Tupperware. Perusahaan juga sebaiknya menambah program promo dan program menarik lainnya yang dapat menarik minat beli konsumen serta dapat meningkatkan pembelian produk Tupperware dengan tetap mengedepankan konsep ramah lingkungan, sehingga konsumen tidak merasa ragu atau enggan melakukan pembelian produk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/427/051309055
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Nov 2013 10:53
Last Modified: 22 Oct 2021 01:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115982
[thumbnail of 8BAB_III_NEW_REVISI.pdf]
Preview
Text
8BAB_III_NEW_REVISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9BAB_IV_NEW_REVISI.pdf]
Preview
Text
9BAB_IV_NEW_REVISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10BAB_V.pdf]
Preview
Text
10BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13LAMPIRAN_VALID,RELIABEL.pdf]
Preview
Text
13LAMPIRAN_VALID,RELIABEL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 12KUESIONER_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
12KUESIONER_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14LAMPIRAN_DISTRIBUSI_FREKUENSI.pdf]
Preview
Text
14LAMPIRAN_DISTRIBUSI_FREKUENSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 15LAMPIRAN_ANALISIS_FAKTOR+REGRESI.pdf]
Preview
Text
15LAMPIRAN_ANALISIS_FAKTOR+REGRESI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 18DAFTAR_RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
18DAFTAR_RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tanda_Pengesahan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Tanda_Pengesahan_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1COVER.pdf]
Preview
Text
1COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tanda_Persetujuan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Tanda_Persetujuan_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2LEMBAR_PERSEMBAHAN.pdf]
Preview
Text
2LEMBAR_PERSEMBAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
3RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
5DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6BAB_I_NEW_REVISI.pdf]
Preview
Text
6BAB_I_NEW_REVISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7BAB_II_NEW_REVISI.pdf]
Preview
Text
7BAB_II_NEW_REVISI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item