Octaprinanta, Nandha (2013) Pengaruh Faktor Situasional Terhadap Emotional States dan Impulse Buying (Survei pada Pengunjung Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi semakin maraknya bisnis ritel yang menimbulkan persaingan semakin ketat, oleh karena itu diperlukan adanya suatu strategi pemasaran untuk menarik calon konsumen. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan Faktor Situasional yang dirancang sebaik mungkin untuk menarik calon konsumen. Faktor Situasional akan mempengaruhi keadaan emosional konsumen yang kemudian akan berpengaruh terhadap perilaku impulse buying. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Faktor Situasional terhadap Emotional States dan Impulse Buying. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah explanatory research serta metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif. Penelitian ini digunakan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan yaitu terdapat pengaruh signifikan antara variabel bebas Store Environment, Time Pressure, Perceived Crowding dengan Dimensi Emosi dan Tipe Perilaku Impulse Buying sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang dan diperoleh sampel berjumlah 102 orang responden dengan menggunakan rumus Machin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Store Environment berpengaruh signifikan terhadap Dimensi Emosi, Time Pressure berpengaruh tidak signifikan terhadap Dimensi Emosi, Perceived Crowding berpengaruh tidak signifikan terhadap Dimensi Emosi, Store Environment berpengaruh signifikan terhadap Tipe Perilaku Impulse Buying, Time Pressure berpengaruh tidak signifikan terhadap Tipe Perilaku Impulse Buying, Perceived Crowding berpengaruh tidak signifikan terhadap Tipe Perilaku Impulse Buying, Dimensi Emosi berpengaruh signifikan terhadap Tipe Perilaku Impulse Buying. Ketepatan model (R2) dari kelima variabel yaitu 0,461. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa faktor situasional yang terdiri Store Environment, Time Pressure dan Perceived Crowding berpengaruh terhadap Impulse Buying baik secara langsung maupun tidak langsung yang melalui Emotional States. Untuk dapat meningkatkan penjualan, sebaiknya pihak Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang lebih memperbaiki desain exterior agar lebih menarik dan melakukan pengelolaan karyawan toko agar tidak terjadi kondisi berdesakan di dalam toko, karena berdasarkan hasil penelitian ini kedua unsur tersebut kurang optimal
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2013/426/051309054 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 Mar 2015 09:42 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115981 |
Preview |
Text
14.BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
13.BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
15.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1.Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2.RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3.KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
5.Lembar_Persembahan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6.DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
7.DAFTAR_TABEL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
8.DAFTAR_GAMBAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
9.DAFTAR_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
10.BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
11.BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
12.BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |