Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada tamu Hotel Ollino Garden Malang),

Aini, Sarifa (2013) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada tamu Hotel Ollino Garden Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya perubahan gaya hidup serta harapan seseorang yang memandang pentingnya kualitas pelayanan bagi mereka, dan juga tujuan perusahaan yang memprioritaskan kepuasan pelanggan sebagai tolok ukur peningkatan kredibilitas dan citra perusahaan mereka. Hotel Ollino Garden adalah hotel dengan arsitektur semi klasik romawi modern yang dirancang dan diciptakan untuk memenuhi kebutuhan tamu dengan konsep kenyamanan dan ketenangan secara alami. Sudah menjadi hal yang umum apabila kualitas pelayanan yang tersedia didalam hotel juga memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research yaitu menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden yang memenuhi kriteria sebagai sampel dalam penelitian ini. Analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji f, uji t, dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh simultan dari variabel Reliabilitas (X1), Ketanggapan (X2), Jaminan (X3), Empati (X4), dan Bukti Nyata (X5) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) dengan nilai F hitung sebesar 8,275. Kemudian dari pengujian secara parsial, Reliabilitas (X1) terhadap Kepuasan Pelanggan adalah signifikan dengan adanya probabilitas (Sig.) 0,034; Ketanggapan (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan adalah signifikan dengan adanya probabilitas (Sig.) 0,042; Jaminan (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) adalah signifikan dengan adanya probabilitas (Sig.) 0,023; Empati (X4) terhadap Kepuasan Pelanggan adalah signifikan dengan adanya probabilitas (Sig.) sebesar 0,001; Bukti Nyata (X5) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) adalah signifikan dengan adanya probabilitas 0,001. Empati (X4) adalah variabel yang memberikan pengaruh dominan pada Kepuasan Pelanggan yang memiliki korelasi regresi terbesar dengan nilai korelasi regresi (B) 0,296.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/323/051308163
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Oct 2013 09:51
Last Modified: 19 Oct 2021 00:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115881
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_-_lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran_-_lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN_+_SUMMARY.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN_+_SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item