UNSPECIFIED (2017) Perencanaan Strategi Pengembangan Industri Pengeringan Ikan Dengan Metode Balanced Scorecard - SWOT (Studi Kasus UKM Harjo Jaya Brondong Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
UD. Harjo Jaya merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi hasil laut berupa pengeringan ikan Kembung, Banyar, dan Belo. Permintaan produk yang cenderung mengalami peningkatan membuat UD. Harjo Jaya memiliki potensi untuk dikembangkan, namun pada saat ini, UD. Harjo Jaya dikelola dengan sederhana sehingga peningkatan permintaan produk pengeringan ikan membuat perusahaan sulit memenuhinya. Kondisi alam yang tidak menentu menjadi salah satu faktor penghambat perkembangan industri pengeringan ikan pada UD. Harjo Jaya. Oleh karena itu, strategi pengembangan industri perlu direncanakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan strategi yang tepat untuk pengembangan industri pengeringan ikan di UD. Harjo Jaya dengan menggunakan metode balanced scorecard - SWOT. Tahap awal perencanaan strategi pengembangan pada UD. Harjo Jaya adalah perumusan strategi dengan melakukan analisis faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan. Proses envisioning didasarkan pada analisis SWOT yang akan menghasilkan visi, misi, dan tujuan perusahaan. Pemilihan strategi sesuai dengan kerangka balanced scorecard dengan penentuan matriks IFAS dan EFAS. Total skor pada matriks IFAS dan EFAS dijadikan dasar untuk matriks IE untuk menentukan posisi UD. Harjo Jaya saat ini. Berdasarkan analisis dan hasil matriks IFAS serta EFAS, posisi UD. Harjo Jaya saat ini, dalam posisi tumbuh dengan strategi yang dapat diterapkan yaitu strategi pertahankan dan pelihara. Hal ini ditunjukkan dengan nilai skor total matriks IFAS sebesar 2.838 dan skor total matriks EFAS sebesar 2.643 sehingga titik pertemuan dari kedua sumbu tersebut pada matriks Internal-Eksternal (IE) berada pada sel V. Berdasarkan analisis metode balanced scorecard dari masing-masing perspektif diperoleh hasil strategi yang dapat diterapkan untuk pengembangan industrinya yaitu pada perspektif keuangan peningkatan pendapatan dengan target peningkatan laba sebesar 10% dalam waktu 1 tahun, dengan inisiatif strategi yaitu meningkatkan kapasitas produksi. Pada perspektif pelanggan meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan target meningkatkan jumlah pelanggan baru sebanyak 4 perusahaan pertahun dengan inisiatif strategi yaitu mencantumkan nilai gizi produk dan tanggal kadaluarsa pada kemasan, serta meningkatkan kualitas hubungan dengan pemasok. Pada perspektif bisnis internal target UD. Harjo Jaya yaitu tidak ada produk yang dikembalikan dengan inisiatif strategi dilakukan pengecekan pada produk yang akan dikirim kepelanggan, dan menambah produk baru dengan inisiatif meningkatkan kecepatan proses inovasi serta meningkatkan kualitas pelayanan penjualan dengan target pembayaran maksimal 3 hari setelah pengiriman dengan inisiatif strategi yaitu melakukan pengiriman kepelanggan tepat waktu. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran inisiatif strategi pelatihan dan pemberdayaan karyawan serta pemberian uang insentif dimana target UD. Harjo Jaya yaitu jumlah produk yang dihasilkan tiap karyawan meningkat dan kesejahteraan karyawan terpenuhi.
English Abstract
UD. Harjo Jaya is one of the companies that produce seafood in the form of fish drying mackerel, Banyar, and Belo fish. The demand for fish drying products that tend to increase, it makes UD. Harjo Jaya has the potential to be developed, but UD. Harjo Jaya is managed simple so that the increasing demand for fish drying products makes it difficult for the company. Unpredictable natural conditions also become one of the obstacles factors of the development of fish drying industry in UD. Harjo Jaya Brondong. Therefore, the industry development strategy needs to be planned. The purpose of this research was to know the right strategy planning for the development of fish drying industry in UD. Harjo Jaya by using balanced scorecard and SWOT method. The initial stage of development strategy planning of fish drying business at UD Harjo Jaya with balanced scorecard method was the formulation of strategy by conducting internal and external environmental factor analysis that was done to know the strengths, weaknesses, opportunities, and treatments of company. The envisioning process was based on a SWOT analysis that will result in the company's vision, mission, and objectives. The selection of strategies were accordance with the balanced scorecard framework with the determination of IFAS and EFAS matrices. Total scores on the IFAS and EFAS matrices were served as the basis for the IE matrix and to determine the UD. Harjo Jaya position right now. x Based on analysis and results of the IFAS matrix and EFAS, position of UD. Harjo Jaya is currently in position to grow with a strategy that can be applied that is hold and maintaining strategy. This is indicated by the total score of the IFAS matrix score of 2,838 and the total score of EFAS matrix of 2,643 so that the meeting point of the two axes on the Internal-External (IE) matrix is in cell V. Based on the balanced scorecard method analysis from each perspective, A strategy that can be applied for the development of the industry is on the financial perspective of increasing revenue with a target of 10% increase in profit within 1 year, with a strategic initiative that is to increase production capacity. From a customer perspective, the increase of customer confidence with the target will increase the number of new subscribers by 4 companies per year with strategic initiatives to target this strategy and including the nutritional value of the product and including the expiration date on the packaging, and improving the quality of the relationship with the suppliers. On the internal business perspective of UD Harjo Jaya targets had no products that were returned with strategic initiatives and checked on products and will be delivered to customers, and increasing new products increased the speed of the innovation process and improved the quality of sales service by payment up to 3 days after delivery with the strategic inisiatives is delivered to the customers in the right time. In the perspective of growth and learning, there were initiatives of employee training and empowerment strategies as well as insentive grants and the UD Harjo Jaya target was the number of products that was produced by each employee and it could increase the welfare of employees.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2017/262/051705114 |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Industri, Pengeringan Ikan, Perencanaan Strategi. |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 07:19 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 03:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1158 |
Actions (login required)
View Item |