Evaluasi Dampak Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar” (Studi Tentang Program Desentralized Basic Education (DBE2) di Kabupaten Nganjuk)

Islam, AnaJauharul (2013) Evaluasi Dampak Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar” (Studi Tentang Program Desentralized Basic Education (DBE2) di Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ide peningkatan mutu pendidikan telah diperkenalkan dalam banyak kurikulum dan program pelatihan, Namun dari desain dan implementasinya masih sama dengan sebelumnya, dengan desentralisasi pendidikan yang merupakan salah satu model pengelolaan pendidikan dengan menjadikan sekolah sebagai proses pengambilan keputusan dan merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dalam pelaksanaan program Desentralized Basic Education (DBE2) untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ditentukan dari kemampuan pihak-pihak yang terlibat dalam memanajemen sumber daya dan melaksanakan peraturan atau program yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah model analisis data Miles dan Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membahas tentang pelaksanaan program Desentralized Basic Education (DBE2) dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dasar di kabupaten Nganjuk. Selanjutnya berdasarkan evaluasi dampak, permasalahan yang dikaji untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah bagaimana program Desentralized Basic Education (DBE2) yang mengimplementasikan serangkaian kegiatan melalui pendekatan inovatif, yang dirancang untuk memperkuat pelatihan guru dan meningkatkan lingkungan belajar di sekolah, dengan bekerjasama kepada para stakeholder pendidikan melaui Pusat Sumber Belajar Gugus (PSBG), untuk dapat mencapai hasil yang telah ditetapkan. Saran dari penelitian ini adalah Pengembangan pusat sumber belajar gugus yang dalam hal ini digunakan oleh berbagai pemangku kepentingan pendidikan sebagai tempat pertemuan membahas berbagai rencana kegitan tidak hanya ditempatkan pada satu lokasi saja tetapi juga mencangkup seluruh sekolah binaan DBE2, melalui pengiliran rapat pertemuan atau kegiatan lainnya seperti Kelompok Kerja Guru (KKG), pelatihan dan rencana pelatihan agar mengembangkan sistem insentif yang mendorong terjadinya kompetensi yang sehat baik antara lembaga dan personil sekolah untuk pencapaian tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013//474/051306492
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Oct 2013 11:20
Last Modified: 19 Oct 2021 02:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115797
[thumbnail of cover_depan.pdf]
Preview
Text
cover_depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SURAT_PENGESAHAN_&_PERSETUJUAN_REVISI.pdf]
Preview
Text
SURAT_PENGESAHAN_&_PERSETUJUAN_REVISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of isi_skripsi.pdf]
Preview
Text
isi_skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item