Analisis Pengaruh Current Asset To Total Assets (Ca/Ta) Dan Rasio Laba Kotor (Gpm) Terhadap Return On Invesment (Roi) (Studi Pada Perusahaan Food And Baverages Yang Terdaftar Di Bei Periode 2008-201

Yulianto,Erwan (2012) Analisis Pengaruh Current Asset To Total Assets (Ca/Ta) Dan Rasio Laba Kotor (Gpm) Terhadap Return On Invesment (Roi) (Studi Pada Perusahaan Food And Baverages Yang Terdaftar Di Bei Periode 2008-201. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Current assets to total assets dan rasio laba kotor (GPM) merupakan beberapa variabel yang relevan yang dibutuhkan manajer keuangan dalam upaya mencapai profitabilitas perusahaan (ROI). Dalam penelitian ini Current assets to total assets yang diambil yaitu proporsi total aktiva lancar dalam pencapaian profitabilitas perusahaan, ditunjukkan dengan rasio current assets to total assets (CA/TA). Sedangkan untuk rasio laba kotor yang akan disoroti adalah yang berkenaan dengan proporsi laba kotor dengan penjualan ditunjukkan dengan rasio Gross Profit Margin (GPM) yaitu Gross Profit to sales. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel X1 yaitu current assets to total assets (CA/TA) dan X2 yaitu Gross Profit Margin (GPM) secara bersama-sama terhadap Return On Investment (ROI) dan untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap Return On Investment (ROI). Penelitian ini merupakan jenis penelitian ekplanatory dengan populasi perusahaan food and baverages yang listing di BEI. Adapun penentuan sampel dalam penelitian adalah menggunakan purposive sampling sehingga hanya delapan perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Metode analisis data dalam ini adalah menggunakan rumus regresi linear berganda untuk mengetahui besarnya pengaruh rasio CA/TA dan rasio GPM terhadap ROI, serta rumus koefisien regresi parsial untuk menentukan variabel bebas manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap variabel terikat. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan didapat R square sebesar 85,9%, artinya bahwa variabel terikat yaitu ROI (Y) dipengaruhi oleh variabel CA/TAdan GPM sebesar 85,9% dan sisanya sebesar 14,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak termasuk dalam model persamaan. Hasil uji F didapat nilai F hitung lebih besar dari F tabel yaitu 64,091 > 3,467 dengan nilai probabilitas kurang dari 5%. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama CA/TA dan GPM berpengaruh signifikan terhadap ROI. Sedangkan pengaruh secara parsial ditunjukkan dengan hasil uji t dimana variabel CA/TA memiliki t hitung > t tabel (6,147 > 2,080) dan variabel GPM memiliki t hitung > t tabel (10,727 > 2080). GPM merupakan variabel bebas yang dominan mempengaruhi ROI, hal ini ditunjukkan dengan koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,681. Penelitian ini menyimpulkan bahwa rasio laba kotor/GPM merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh pada ROI perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan Perusahaan perlu mengatur komposisi antara biaya produksi dan penentuan harga jual sehingga dalam pelaksanaan kegiatan usahanya tingkat keutungan perusahaan bisa terus meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/90/051201119
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jun 2012 08:08
Last Modified: 19 Oct 2021 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115787
[thumbnail of 1.COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1.COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.TANDA_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
3.TANDA_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4.TANDA_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4.TANDA_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_tanda_pengasahan_.pdf]
Preview
Text
4_tanda_pengasahan_.pdf

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 6.awal.pdf]
Preview
Text
6.awal.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item