Yonata, Edlistio (2012) Optimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi tentang Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Administrasi Kependudukan merupakan kegiatan yang kompleks karena melibatkan banyak instansi dan kepentingan. Dari beberapa instansi yang terkait, Kementerian Dalam Negeri merupakan leading sector dalam urusan kependudukan. Kebijakan kementerian ini merefleksikan kebijakan administrasi kependudukan di Indonesia. Kebijakan dan implementasi administrasi kependudukan mencakup kegiatan pendaftaran kependudukan, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi kependudukan baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Menyediakan pelayanan publik yang baik adalah tugas negara melalui pemerintah. Pemenuhan kebutuhan publik diartikan sebagai pemenuhan hak-hak sipil warga Negara. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif deskriptif. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi pelayanan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap pihak kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kabupaten Malang. Sementara analisis data yang penulis gunakan yaitu analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil temuan dilapangan bahwa Optimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan yang dilakukan di Kabupaten Malang mengacu pada pada Konsep Pelayanan Publik yang bertujuan untuk menciptakan organisasi pelayanan publik yang smaller (kecil, efisien), faster (kinerjanya cepat, efektif), cheaper (operasionalnya murah) dan kompetitif. Dengan demikian, pelayanan publik oleh birokrasi kita bisa menjadi lebih optimal dan akuntabel. Terdapat beberapa gagasan pelayanan administrasi kependudukan yang bisa diaplikasikan di wilayah Kabupaten Malang antara lain di bidang; Kelembagaan, Sosialisasi Kinerja, Partisipasi Masyarakat, Peningkatan Sarana Prasarana. Dan disatu sisi, pemetaan faktor pendukung dan penghambat bagi berjalannya pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/604/051204749 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 10 Dec 2012 13:28 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 17:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115733 |
Preview |
Text
pendahuluan.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
isi.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |