Analisis Pengendalian Intern pada Sistem Pemberian Kredit Modal Kerja (Studi Kasus pada PT. BPR Insumo Sumberarto Kediri)

Pratiwi, GallehRahayu (2012) Analisis Pengendalian Intern pada Sistem Pemberian Kredit Modal Kerja (Studi Kasus pada PT. BPR Insumo Sumberarto Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengendalian intern merupakan struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan yang bertujuan untuk mengurangi atau meminimumkan kemungkinan terjadinya kesalahan, ketidak jujuran, kelalaian, pemborosan, pelayanan yang kurang memuaskan kepada relasi perusahaan dan hal lain yang sejenis dan suatu kegiatan pengendalian yang dilakukan oleh managemen untuk mengamankan hartanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pengendalian intern yang diterapkan PD. BPR Bank Jombang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualititatif, karena pada penelitian ini akan dipaparkan mengenai suatu fenomena yang terjadi dalam suatu perusahaan, mengevaluasi masalah yang terjadi, dan mencari solusi dari masalah tersebut. Bank merupakan lembaga keuangan di mana masyarakat dapat menyimpan uang mereka dan akan menyalurkan uang tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan serta memiliki peranan penting dalam memajukan perekonomian suatu negara. Mengingat pentingnya peranan perbankan, maka sangat penting untuk mengetahui efektivitas pengendalian intern pada bank yang terdiri dari unsur-unsur pengendalian intern,yaitu struktur organisasi, personal yang kompeten dan dapat dipercaya, adanya pemisahan tugas, prosedur otorisasi yang tepat, dokumen dan catatan yang memadai, kontrol fisik aktiva dan catatan, pemeriksaan pekerjaan secara independen. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pengendalian intern pada PD. BPR Bank Jombang sudah cukup baik karena telah memenuhi unsur-unsur pengendalian intern namun masih terdapat beberapa kekurangan. Hendaknya PD. BPR Bank Jombang terus meningkatkan kinerja manajemen dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabah dalam rangka mempertahankan kepercayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/576/051204408
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Dec 2012 08:24
Last Modified: 18 Oct 2021 17:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115705
[thumbnail of 11._BAB_1.pdf]
Preview
Text
11._BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._BAB_II.pdf]
Preview
Text
12._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13._BAB_III.pdf]
Preview
Text
13._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
14._BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 15._BAB_V.pdf]
Preview
Text
15._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item