Rahman N, Oddy Aulia (2018) Analisis Perbandingan Performa Algoritme Voronoi-Based Continuous K Nearest Neighbor Dan Dijkstra Dalam Mengelola Data Berukuran Besar (Studi Kasus : Malang Raya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan perangkat dan layanan mobile memberikan peningkatan dari sisi mobilitas pengguna, salah satu teknologi yang meningkatkan aspek mobilitas adalah teknologi pencarian lokasi. Teknologi yang saat ini digunakan dalam melakukan pencarian lokasi adalah Global Positioning System (GPS) yang berguna untuk membantu proses navigasi. Penerapan teknologi GPS pada perangkat mobile dikenal dengan istilah mobile navigation. Salah satu kriteria dalam penerapan mobile navigation adalah kemampuan perangkat mobile untuk terus memantau titik atau objek akses dari pengguna, namun dalam melakukan pemantauan titik atau objek selalu terjadi perubahan yang dikarenakan pergerakan dari pengguna. Perubahan yang terjadi dikenal sebagai split nodes. Terdapat metode yang digunakan untuk mengelola split nodes yaitu KNN search, namun performa yang dihasilkan masih belum memuaskan. Metode lain yang diusulkan adalah algoritme Voronoi Continuous K Nearest Neighbor (VCKNN) yang menggunakan diagram Voronoi untuk membantu mengelola split nodes. Penggunaan algoritme VCKNN didukung oleh algoritme Dijkstra dalam melakukan pencarian split nodes di dalam poligon Voronoi. Pada penelitian ini akan dilakukan perbandingan antara algoritme VCKNN dan Dijkstra dalam mengelola split nodes. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan algoritme yang memiliki performa terbaik dalam mengelola data pada aspek pembagian segmentasi, runtime dan jumlah split nodes. Penelitian ini akan mengambil studi area Malang Raya. Pemilihan Malang Raya sebagai studi area dikarenakan wilayah Malang Raya yang memiliki struktur jaringan jalan yang belum tertata rapih, sehingga dapat diketahui performa dari algoritme yang diusulkan dapat diterapkan diberbagai kondisi jaringan jalan. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa dengan menggunakan algoritme VCKNN terjadi peningkatan performa yang dihasilkan dibandingkan dengan algoritme Dijkstra. Peningkatan yang terjadi dikarenakan penurunan jumlah split nodes yang dihasilkan. Penurunan split nodes yang terjadi menggunakan algoritme VCKNN berdasarkan penggunaan batas administrasi Kelurahan sebagai interest point. Penggunaan Kelurahan menghasilkan penurunan split nodes sebesar 92,4%. Dengan hasil penelitian ini untuk kondisi jaringan jalan Malang Raya, algoritme VCKNN menghasilkan hasil yang memuaskan.
English Abstract
Development of mobile devices and services provides an increase in the mobility of users, one of the technologies that enhance mobility is location-based search technology. The technology currently used in search location is Global Positioning System (GPS) which is useful to assist the navigation process. Application of GPS technology in mobile devices known as mobile navigation. One of the criteria in applying mobile navigation is the ability of mobile devices to continuously monitor the point of access from the user, but in monitoring the point or the object always changes due to the movement of the user. The changes occurring are known as split nodes. There is a method used to manage split nodes that is KNN search, but the performance is still not satisfactory. Another proposed method is the Voronoi Continuous K Nearest Neighbor (VCKNN) algorithm that uses the Voronoi diagram to help manage split nodes. The use of the VCKNN algorithm is supported by Dijkstra's algorithm in searching for split nodes within the Voronoi polygon. In this research will be done comparison between VCKNN and Dijkstra algorithm in managing split nodes. This is done to get algorithms that have the best performance in managing data on segmentation, runtime and split nodes. This research will take a study area of Great Malang Area. Selection of Great Malang Area as study area due to the Great Malang area that has a network structure of the road that has not been arranged neatly, so it can be known the performance of the proposed algorithm can be applied in various road network conditions. From this research, it is found that by using VCKNN algorithm, there is an increase of the resultant performance compared to Dijkstra's algorithm. The increase is due to the decrease in the number of split nodes produced. Decrease of split nodes that occur using the VCKNN algorithm based on the use of administrative boundaries sub-district as interest points. The use of sub-district resulted in decreasing of split nodes by 92,4%. With the result of this research for Great Malang Area road network condition, VCKNN algorithm yield satisfying result.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/13/051800750 |
Uncontrolled Keywords: | Jaringan Jalan, Voronoi Continuous K Nearest Neighbor, Dijkstra |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.9 Nonelectronic data processing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 02:21 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11564 |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (782kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VI.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VII.pdf Download (599kB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (927kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (497kB) | Preview |
Preview |
Text
Bagian Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |