Proses Pelayanan Penyelenggaraan Haji Di Bidang Perjalanan Dan Sarana Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang

Saroso, HikmahPutri (2012) Proses Pelayanan Penyelenggaraan Haji Di Bidang Perjalanan Dan Sarana Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu syarat berdirinya sebuah negara adalah adanya pemerintahan yang berdaulat di negara tersebut. Pemerintah itu sendiri pada hakekatnya merupakan pihak yang menerima mandat sebagai abdi masyarakat, yang salah satu tugasnya adalah menyelenggarakan pelayanan publik. Penyelenggaraan haji Kabupaten Malang, merupakan salah satu pelayanan yang diberikan oleh pemerintah yang tentunya memiliki beberapa hal yang terkait dengan profesionalitas pelayanan haji oleh Kementerian Agama Kabupaten Malang, dalam hal ini salah satu prosesnya adalah dibentuknya Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji. Rumusan masalah penelitian ini menyangkut proses pelayanan penyelenggaraan haji di bidang perjalanan dan sarana pada kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, faktor penghambat dan pendukung proses Pelayanan Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji (PPPH). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif-kualitatif. Metode tersebut digunakan untuk menganalisa data-data yang menjelaskan proses pelayanan penyelenggaraan haji di bidang perjalanan dan sarana dalam Pemberangkatan dan Pemulangan Haji, di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang periode 2011; prosedur pelayanan pemberangkatan dan pemulangan haji oleh PPPH periode 2011; Pengelolaan kepanitiaan PPPH periode 2011, faktor yang menghambat dan yang mendukung proses pelayanan penyelenggaraanan haji pada bidang perjalanan dan sarana yang dilaksanakan oleh PPPH periode 2011. Hasil analisa menunjukkan bahwa pembentukan PPPH melalui forum komunikasi haji yang dilakukan oleh seksi Penyelenggaraanan Haji dan Umrah merupakan bentuk pelayanan yang diberikan oleh Kementerian Agama Kabupaten Malang yang didalamnya terdapat tupoksi kepanitiaan untuk pengelolaannya serta proses prosedural yang memiliki output dalam pelaksanaannya. Namun, dalam pelaksanaan pelayanannya masih memilik hambatan, hambatan tersebut antara lain: hal kurangnya koordinasi antar panitia internal maupun panitia dengan calon jamaah haji. Berdasarkan uraian di atas, peneliti menyimpulkan bahwa proses pelayanan penyelenggaraan haji pada bidang perjalanan dan sarana di Kantor kementerian Agama Kabupaten Malang dengan dibentuknya PPPH merupakan bentuk dari kinerja dalam tataran proses secara teoritis. Secara keseluruhan proses pelayanan yang dilaksanakan oleh PPPH sudah cukup baik, hal tersebut didukung oleh kepuasan CJH yang merasakan hal tersebut, meskipun terdapat permasalahan mengenai pemberangkatan ilegal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/430/051203519
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Dec 2012 10:46
Last Modified: 22 Oct 2021 08:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115547
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of MOTTO-DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
MOTTO-DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1,2,3,4,5_(keempat).pdf]
Preview
Text
BAB_1,2,3,4,5_(keempat).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_pu3.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_pu3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of CURRICULUM_VITAE-_SURAT_PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
CURRICULUM_VITAE-_SURAT_PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item