Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Ibu Rumah Tangga Konsumen Detergen RINSO di Dusun Kauman RW 002 Desa Campurdarat Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagu

Nurdiana, Lutfita (2012) Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Ibu Rumah Tangga Konsumen Detergen RINSO di Dusun Kauman RW 002 Desa Campurdarat Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menejelaskan pengaruh simultan (bersamasama) maupun parsial antara Faktor Psikologis Konsumen terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey untuk mendapatkan data primer, jenis penelitian skripsi yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) yaitu menjelaskan mengenai pengaruh variabel – variabel yang hendak diteliti dan kemudian menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Variabel penelitian tersebut adalah variabel Motivasi (X1), variabel Persepsi (X2), variabel Pembelajaran (X3), variabel Kepribadian (X4) dan variabel Sikap (X5) sebagai variabel-variabel yang mempengaruhi dan variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel yang dipengaruhi. Metode pengumpulan data yang digunakan menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan uji F dan analisis parsial dengan uji t untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan (bersama-sama) maupun parsial antara variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai F hitung yaitu sebesar 26,383 dan F tabel sebesar 2,371 (F hitung > F tabel), yang berarti bahwa secara bersama-sama variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Kepribadian (X4) dan Sikap (X5) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y). R Square sebesar 0.691, artinya bahwa 69,1% variabel Struktur Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Kepribadian (X4) dan Sikap (X5). Sedangkan sisanya 30,9% variabel Struktur Keputusan Pembelian akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Nilai R (koefisien korelasi) sebesar 0,831, nilai korelasi ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel bebas yaitu Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Kepribadian (X4) dan Sikap (X5) dengan tingkat Struktur Keputusan Pembelian dalam kategori sangat kuat karena berada pada selang 0,8-1,0. Hubungan antara variabel bebas yaitu Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Kepribadian (X4), dan Sikap (X5) dengan Struktur Keputusan Pembelian bersifat positif, artinya jika variabel bebas semakin ditingkatkan maka Struktur Keputusan Pembelian juga akan mengalami peningkatan. Nilai konstanta (=1,120) berarti bahwa jika tidak ada pengaruh dari variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Kepribadian (X4) dan Sikap (X5) maka besarnya variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y) adalah sebesar 1,120. Nilai koefisien regresi Motivasi (b1 = 0,169), Persepsi (b1 = 0,260), Pembelajaran (b1 = 0,145), Kepribadian (b1 = 0,256), dan Sikap (b1= 0,057) menunjukkan bahwa jika variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Kepribadian (X4) dan Sikap (X5) ditingkatkan maka ada kecenderungan Struktur Keputusan Pembelian akan meningkat sebesar b1 dengan asumsi nilai dari variabel konstan (tetap). Hasil uji t untuk nilai t hitung variabel Motivasi (X1) 2,272 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) karena nilai t hitung>t tabel, variabel Persepsi (X2) 3,244 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) karena nilai t hitung>t tabel, variabel Pembelajaran (X3) 2,775 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) karena nilai t hitung>t tabel , Kepribadian (X4) 2,345 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) karena nilai t hitung>t tabel dan Sikap (X5) 0,638 mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian, jadi H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa Struktur Keputusan Pembelian dapat dipengaruhi secara tidak signifikan oleh Sikap atau dengan meningkatkan Sikap maka Struktur Keputusan Pembelian akan mengalami peningkatan secara tidak nyata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/397/051202672
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2012 13:34
Last Modified: 22 Oct 2021 07:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115510
[thumbnail of COVER_DKK.pdf]
Preview
Text
COVER_DKK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PENYATAAN_ORIGINILITAS.pdf]
Preview
Text
PENYATAAN_ORIGINILITAS.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB-1.pdf]
Preview
Text
BAB-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB-2.pdf]
Preview
Text
BAB-2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB-3.pdf]
Preview
Text
BAB-3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB-4.pdf]
Preview
Text
BAB-4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB-5.pdf]
Preview
Text
BAB-5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_refisi.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_refisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item