Analisis Sistem Dan Prosedur Penerimaan Kas Dalam Usaha Mendukung Pengendalian Intern (Studi pada Perusahaan Daerah Jasa Yasa Kabupaten Malang),

Narinta, IkaFitri (2012) Analisis Sistem Dan Prosedur Penerimaan Kas Dalam Usaha Mendukung Pengendalian Intern (Studi pada Perusahaan Daerah Jasa Yasa Kabupaten Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Suatu perusahaan yang didirikan oleh setiap orang atau sekelompok orang pada hakekatnya selalu mempunyai tujuan, yakni diantaranya untuk mendapatkan laba semaksimal mungkin, menguasai pasar dan mengembangkan usaha, tujuan tersebut dapat dicapai dengan adanya sistem yang baik yang diharapkan akan memberikan suatu jaringan prosedur yang efektif dalam melaksanakan suatu kegiatan perusahaan dengan lancar. Proses penerimaan kas yang efektif dan efisien merupakan salah satu faktor yang berperan dalam menjaga kelancaran kegiatan perusahaan, untuk menjaga dan meningkatkan kontinuitas usaha serta kelangsungan hidup perusahaan sebagai salah satu penunjang pembangunan nasional. Seperti contohnya sistem penerimaan kas yang ada pada Perusahaan Daerah Jasa Yasa Kabupaten Malang. Untuk mengelola kas yang baik yang efektif dan efisien, perusahaan ini menerapkan sistem pengendalian intern. Tetapi ada juga permasalahan yang menghambat yaitu tidak adanya fungsi akuntansi yang menimbulkan kesulitan mengolah data akuntansi dan tidak dilakukan pemeriksaan atau audit secara mendadak. Jadi tidak dapat diketahui kinerja karyawan serta ada tidaknya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh karyawan-karyawan yang tidak bertanggung jawab. Maka untuk menghindarinya perusahaan harus menerapkan sistem pengendalian intern yang baik atas penerimaan kas sehingga masalah-masalah yang ada dapat terselesaikan. Berdasarkan hal tersebut diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian intern pada penerimaan kas untuk mengantisipasi permasalahan yang ada. Penelitian ini dilaksanakan pada Perusahaan Daerah Jasa Yasa Kabupaten Malang dengan fokus penelitian adalah sistem dan prosedur penerimaan kas dan penerapan pengendalian intern pada prosedur penerimaan kas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi dan wawancara. Sedangkan untuk analisis yaitu analisis sistem dan prosedur penerimaan kas dan analisis sistem pengendalian intern. Hasil analisis diatas menggambarkan bahwa terdapat permasalahan yang ada dalam sistem penerimaan kas pada Perusahaan Daerah Jasa Yasa Kabupaten Malang yaitu tidak adanya fungsi akuntansi untuk mencegah kesalahan pemrosesan data-data akuntansi dan penerapan sistem pengendalian intern yang belum cukup baik terhadap karyawan-karyawanya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum pelaksanaan unsur pengendalian intern sudah cukup efektif, tetapi juga terdapat kelemahan sehingga perlu di tinjau kembali dan lebih diperbaiki pada sistem pengendalian intern penerimaan kas dan pada karyawannya agar dapat memberikan suatu jaringan prosedur yang efektif dalam melaksanakan suatu kegiatan perusahaan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/257/051202280
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Aug 2012 14:24
Last Modified: 22 Oct 2021 04:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115363
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item