Analisis Pengaruh Kepedulian Lingkungan, Produk Hijau dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa / Mahasiswi Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2008/2009 dan 2009/2010 Fakultas Il

Hapsari, AyundaKusuma (2011) Analisis Pengaruh Kepedulian Lingkungan, Produk Hijau dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa / Mahasiswi Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2008/2009 dan 2009/2010 Fakultas Il. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Pengetahuan Lingkungan (X 1 ), Afeksi terhadap Lingkungan (X 2 ), Kualitas Produk Hijau (X 3 ) dan Harga Premium (X 4 ) secara simultan dan parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 orang yang merupakan mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2008/2009 dan 2009/2010 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Membeli Lampu Hemat Energi Merek Philips. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda dan analisis regresi parsial. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Pengetahuan Lingkungan (X 1 ), Afeksi terhadap Lingkungan (X 2 ), Kualitas Produk Hijau (X 3 ), Harga Premium (X 4 ) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai F hitung sebesar 32,134 dengan signifikansi 0,000 ( < α 0,05) dan nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,650 atau 65,0 % . Hal tersebut membuktikan bahwa variabel Pengetahuan Lingkungan (X 1 ), Afeksi terhadap Lingkungan (X 2 ), Kualitas Produk Hijau (X 3 ), dan Harga Premium (X 4 ) secara simultan mampu memberikan kontribusi terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) sebesar 65,0 %, sedangkan sisanya sebesar 35,0 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa variabel Kualitas Produk Hijau (X 3 ) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) yang ditunjukkan dengan koefisien regresi b terbesar yaitu 0,220 dengan nilai t hitung 2,883 dan signifikansi 0,005 ( < α 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Pengetahuan Lingkungan (X 1 ), Afeksi terhadap Lingkungan (X 2 ), Kualitas Produk Hijau (X 3 ) dan Harga Premium (X 4 ) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). 2) Variabel Kualitas Produk Hijau (X 3 ) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Oleh karena itu, PT Philips Indonesia disarankan agar mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas produk. Kualitas produk yang baik akan menjaga loyalitas pelanggan dan membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli produk lampu hemat energi merek Philips.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/442/051104621
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Dec 2011 15:48
Last Modified: 21 Oct 2021 17:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115065
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tanda_Persetujuan_Skripsi-ayunda_kusuma_h.pdf]
Preview
Text
Tanda_Persetujuan_Skripsi-ayunda_kusuma_h.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan.pdf]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Tabel-Gambar-Lampiran.pdf]
Preview
Text
Daftar_Tabel-Gambar-Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I-ayunda_kusuma_h.pdf]
Preview
Text
BAB_I-ayunda_kusuma_h.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II-ayunda_kusuma_h.pdf]
Preview
Text
BAB_II-ayunda_kusuma_h.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III-ayunda_kusuma_h.pdf]
Preview
Text
BAB_III-ayunda_kusuma_h.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV-ayunda_kusuma_h.pdf]
Preview
Text
BAB_IV-ayunda_kusuma_h.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V-ayunda_kusuma_h.pdf]
Preview
Text
BAB_V-ayunda_kusuma_h.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item