Mudriana, Septyarista Dwi (2017) Teaching Speaking Techniques for Adult EFL Learners in The Daffodils English Course, Pare, Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keterampilan berbicara Bahasa Inggris dibutukhkan oleh banyak orang yang memiliki Bahasa pertama yang berbeda, untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, pengajaran berbicara juga dibutuhkan untuk banyak orang yang ingin belajar keterampilan berbicara Bahasa Inggris. Pada pembelajaran berbicara, guru membutuhkan berbagai macam teknik pengajaran berbicara untuk mengembangkan berbagai macam kegiatan, latihan dan alat yang digunakan dalam kelas Bahasa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu, guru seharusnya menentukan teknik pembelajaran berbicara yang tepat sesuai dengan tingkat keahlian para pelajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Karena memntukan teknik pengajaran sangat penting untuk guru yang mengajar berbicara di dalam kelas dengan tingkat keahlian yang berbeda, peneliti kemudian melakukan penelitian untuk mengetahui teknik pengajaran berbicara yang digunakan oleh guru untuk pelajar Bahasa Inggris (EFL) dewasa sesuai dengan tingkat keahlian pelajar. Penelitian ini menggunakan desain diskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah para guru yang mengajar kelas stepping stone, speak first, dan speak second di kursusan Bahasa Inggris The Daffodils dan juga para pelajar yang bergabung dalam tiga kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan kuisioner sebagai teknik penggumpulan data. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah daftar cek observasi, panduan wawancara untuk guru, dan kuisioner untuk pelajar. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kelas stepping stone, speak first, speak second adalah kelas berbicara yang memiliki tingkat keahlian yang berbeda. Para guru yang mengajar kelas stepping stone, speak first, dan speak second menggunakan teknik pengajaran berbicara yang berbede. Kemudian, setiap kelas menggunakan teknik pengajaran berbicara yang tepat sesuai dengan tingkat keahlian pelajar. Berdasarkan temuan, beberapa saran diberikan kepada para guru The Daffodils, guru Bahasa Inggris pada umumnya, dan juga peneliti selanjutnya. Peniliti menyarankan para guru The Daffodils untuk memberikan aktifitas yang berhubungan dengan kehidupan pelajar dan juga teknik pengajaran. Para guru juga seharusnya memperhatikan tingkat keahlian pelajar dan kebutuhan pelajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk para guru yang mengajar pelajar dengan tingkat keahlian yang berbeda, para guru seharusnya menerapkan dan meningkatkan teknik pengajaran pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Untuk peneliti selanjutnya, mereka disarankan untuk melakukan penelitian tentang teknik pengajaraan pada keterampilan dan desain penelitian yang berbeda.
English Abstract
English speaking skills is needed by many people who have different first language to communicate. Therefore, teaching speaking is also needed for more people who want to learn English speaking skill. In teaching speaking, the teacher need the various teaching speaking techniques to develop the activities, exercises, or devices which are used in the language classroom for realizing lesson objective. Furthermore, the teacher should decide the appropriate teaching speaking technique based on the learners’ proficiency level to reach the learning goal. Since deciding teaching speaking technique is important for teacher who teach speaking in the classroom with different proficiency level, the researcher then conduct this research to know the teaching speaking techniques used by the teacher for adult EFL learners based on the learners’ proficiency level. This research used descriptive qualitative design. The subject of this research was the teachers who taught stepping stone, speak first and speak second class in The Daffodils English Course and also the learners who join in those three classes. This research used observation, interview, and questionnaire as the techniques of collecting data. The instruments used by the researcher were observation checklist, field notes, teachers’ interview guide, and learners’ questionnaires. The research revealed that stepping stone, speak first, and speak second class are speaking class which had the different proficiency level. The teachers who teach stepping stone, speak first, and speak second class used some different teaching speaking techniques. Then, every class used the appropriate teaching speaking techniques based on the learners’ proficiency levels. Based on the findings, some suggestions are given to The Daffodils teachers, the English teachers in general, and also the further researchers. The researcher suggests The Daffodils teachers to provide the activities that related to the learners’ real life and also the teaching techniques. The teachers also should concern about the learners’ proficiency level and the learners’ need to achieve the learning goal. For the English teachers who teach the learners in different proficiency level, the teachers should apply and develop other teaching techniques in the teaching and learning activities in the class. For the further researcher, they are suggested to conduct the research on the teaching techniques in different skills and research design.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/441/051706033 |
Uncontrolled Keywords: | teaching speaking techniques, proficiency levels. |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 04:16 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1148 |
Text
SEPTYARISTA DWI MUDRIANA (125110500111037).pdf Download (11MB) |
Actions (login required)
View Item |