Pemberdayaan Masyarakan Miskin Perkotaan (Studi Tentang Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat- Mandiri (PNPM-Mandiri) di Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

DianaAgustinaImbarwati (2009) Pemberdayaan Masyarakan Miskin Perkotaan (Studi Tentang Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat- Mandiri (PNPM-Mandiri) di Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah sosial yang senantiasa hadir di tengahtengah masyarakat, khususnya negara berkembang termasuk Indonesia. Ia menjadi isu yang sangat krusial mengingat dampak destruktif yang ditimbulkan dapat merambah kesegala lini kehidupan manusia. Dalam konteks Indonesia,kemiskinan dapat mengakibatkan bangsa ini menjadi sangat rapuh hal ini bisa dilihat dari tiga aspek yakni konsumsi penduduk miskin, kemiskinan multi dimensi, dan kesenjangan antar wilayah. Strategi dan kebijakan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu Pertama, strategi pertumbuhan yang berkualitas ( quality growth), Kedua, strategi peningkatan akses pelayanan dasar bagi keluarga miskin, Ketiga, strategi perlindungan sosial (social protection). Keempat, strategi pemberdayaan masyarakat ( community development). Berkenaan dengan alasan tersebut di atas, maka dikembangkan beberapa model penanggulangan kemiskinan dengan menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan dalam rangka memberantas kemiskinan. Salah satu upaya pemerintah tersebut adalah Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri (PNPM-Mandiri). PNPM-Mandiri adalah Gerakan nasional yang dituangkan dalam kerangka kebijakan yang menjadi acuan pelaksanaan berbagai program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. Dalam hal ini pemberdayaan masyarakat bertujuan menciptakan atau meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok, untuk memutuskan berbagai persoalan pembangunan yang dihadapinnya dengan baik dan benar. Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan suatu permasalahan yang dibahas oleh penulis, antara lain : Bagaimanakah pelaksanaan PNPMMandiri di kelurahan Dinoyo dalam pengentasan kemiskinan?, Bagaimanakah partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan keberdayaan melalui PNPMMandiri?, Bagaimanakah upaya pemberdayaan yang diterapkan terhadap masyarakat miskin di kelurahan Dinoyo?. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan PNPM-Mandiri dalam pengentasan kemiskinan beserta manfaat bagi masyarakat miskin, menganalisis serta mendiskripsikan partisipasi masyarakat dan upaya pemberdayaan yang dilakukan melalui usaha mengarahkan dan memanfaatkan potensi masyarakat dalam kerangka pelaksanaan PNPM. Oleh karena itu metode penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan metode ini diharapkan dapat menjawab perumusan masalah yang ada dan tujuan penelitian ini tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/253/050902104
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Aug 2009 16:31
Last Modified: 19 Oct 2021 04:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114110
[thumbnail of 050902104.pdf]
Preview
Text
050902104.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item