AmandaMarettaGP (2009) Analisis Faktor Ekuitas Merek dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Angkatan 2007 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan Ekuitas Merek dan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara simultan dan parsial Ekuitas Merek (Loyalitas Merek, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Kesan Kualitas) terhadap Proses Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 175 orang responden yang merupakan Mahasiswa Angkatan 2007 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang terbentuk, yaitu: Faktor Asosiasi Merek (X 1 ), Loyalitas dan Persepsi Merek (X 2 ), Promosi Penjualan (X 3 ), dan Kesan Kualitas (X 4 ) yang memiliki loading factor >0,5. Hubungan faktor Asosiasi Merek (X 1 ), Loyalitas dan Persepsi Merek (X 2 ), Promosi Penjualan (X 3 ), dan Kesan Kualitas (X 4 ) secara bersama-sama dengan variabel Proses Keputusan Pembelian (Y) ditunjukkan dengan koefisien korelasi berganda (R) 0,651 dengan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05). Hasil secara simultan dan parsial menunjukkan faktor Asosiasi Merek (X 1 ), Loyalitas dan Persepsi Merek (X 2 ), Promosi Penjualan (X 3 ), dan Kesan Kualitas (X 4 ) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Proses Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai koefisien determinasi yang disesuaikan (R 2 ) 0,410. Faktor Loyalitas dan Persepsi Merek (X 2 ) merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap Proses Keputusan Pembelian dengan t hitung 10,067 (p<0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah faktor yang berpengaruh positif terhadap Proses Keputusan Pembelian yaitu Faktor Loyalitas dan Persepsi Merek (X 2 ). Asosiasi Merek (X 1 ), Promosi Penjualan (X 3 ), dan Kesan Kualitas (X 4 ) mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap Proses Keputusan Pembelian. Diharapkan perusahaan dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap merek AQUA dan membuat persepsi konsumen merek AQUA lebih kuat, perusahaan tetap menjaga dan memelihara Ekuitas Merek AQUA agar konsumen tetap loyal, sebuah jingle bisa menjadi alat yang tepat dalam menciptakan kesadaran merek, Ekuitas Merek yang baik akan mempengaruhi citra merek produk itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/247/050902098 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 06 Aug 2009 17:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 04:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114102 |
Preview |
Text
COVER_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_TABEL_DAN_GAMBAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |