Persepsi Mahasiswa tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) dan Pengaruhnya terhadap Citra Perusahaan : Survey pada Mahasiswa Pengunjung Sampoerna Corner Perpu

PoppyLanoviaDevis (2008) Persepsi Mahasiswa tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) dan Pengaruhnya terhadap Citra Perusahaan : Survey pada Mahasiswa Pengunjung Sampoerna Corner Perpu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line tetapi harus berpijak pada triple bottom lines. Kondisi keuangan tidak cukup menjamin nilai perusahaan tumbuh secara berkelanjutan karena masyarakat maupun stakeholder akan mempengaruhi aktivitas perusahaan. Perusahaan juga menyadari bahwa tidak semua persoalan sosial kemanusiaan dapat ditangani oleh pemerintah. Perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan yang dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR). CSR merupakan salah satu strategi bisnis perusahaan yang berkaitan dengan kelangsungan usaha jangka panjang. CSR digunakan untuk mencapai Triple Bottom Line, yaitu laba, sosial dan lingkungan. Contoh program CSR dalam bidang pendidikan yang diterapkan PT. HM Sampoerna adalah Sampoerna Corner yang didirikan di dalam Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya tanggal 16 Juni 2005. Tujuan pendiriannya adalah untuk membuka wawasan mahasiswa agar lebih berfikir secara nasional dan internasional. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 100 responden yaitu pengunjung Sampoerna Corner Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan SmartPLS v.1.01 sebagai software pendukung. Alasan penggunaan PLS adalah fleksibilitas, karena indikator penelitian yang terdiri atas indikator reflektif dan indikator formatif. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat 3 jalur hubungan yang berpengaruh secara positif dan signifikan dan 1 jalur hubungan yang tidak berpengaruh secara positif dan signifikan. Jalur yang berpengaruh secara positif dan signifikan meliputi: jalur antara Pemahaman pada Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Ingatan pada Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan jalur Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Citra Perusahaan. Sedangkan jalur yang tidak berpengaruh secara positif dan signifikan adalah Perhatian pada Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa mempunyai persepsi yang baik pada bentuk kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yang nantinya akan berpengaruh pada citra perusahaan, dalam hal ini adalah Sampoerna Corner terhadap citra PT. HM Sampoerna. Walaupun media/sumber informasi masih terbatas, tetapi pemahaman mahasiswa akan manfaat dan tujuan didirikannya Sampoerna Corner sudah baik sehingga intensitas kedatangan dan penggunaan fasilitas yang tersedia dapat dikatakan tinggi (4x dalam 1 minggu).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/26/050800492
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Feb 2008 11:33
Last Modified: 23 Oct 2021 03:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113658
[thumbnail of 050800492.pdf]
Preview
Text
050800492.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item