Analisis Konstruksi Kapal Sekoci(Km. Berkah Alam) Dipelabuhan Pondokdadap Sendangbiru Kabupaten Malang Jawa Timur

Hanafi, Romadhani Nur (2018) Analisis Konstruksi Kapal Sekoci(Km. Berkah Alam) Dipelabuhan Pondokdadap Sendangbiru Kabupaten Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menurut Iskandar dan Novita (1997), kapal merupakan suatu bangunan terapung yang berfungsi sebagai wadah tempat bekerja dan sarana transportasi dan kapal ikan termasuk di dalamnya. Kapal ikan memiliki kekhususan sendiri disebabkan bervariasinya kerja dan kegiatan yang dilakukan pada kapal tersebut.Kerja dan kegiatan pada kapal ikan meliputi antara lain mencari daerah penangkapan ikan (fishing ground), mengoperasikan alat, mengejar ikan, dan sebagai wadah hasil tangkapan ikan dari kapal tersebut. Sendangbiru yang berada di ujung selatan kabupaten Malang adalah salah satu daerah penghasil tuna handline terbaik di Indonesia. Maka dari itu usaha - usaha perbaikan perikanan haruslah terus dilakukan untuk meningkatkan nilai dari perikanan tuna dari segi kualitas maupun kuantitas. Kapal menjadi sarana paling penting dalam usaha perikanan yang mencakup penggunaan atau aktivitas menangkap atau mengumpulkan sumberdaya perairan, sehingga sangatlah penting untuk mendesain dan membangun suatu konstruksi pada kapal perikanan agar didapat hasil yang efektif dan juga tingkat keselamatan awak yang memadai. Kapal sekoci merupakan salah satu armada yang aktif beroprasi di Sendangbiru dan banyak digunakan oleh para nelayan di Sendangbiru. Banyaknya aktifitas kapal sekoci di Sendangbiru perlu untuk dilakukanya analisis pada konstruksi kapal sekoci guna mengoptimalkan aktivitas pada usaha perikanan yang ada. Analisis konstruksi pada kapal sekocidilakukan dengan membandingkan ukuran konstruksi dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Biro Klasifikasi Indonesia merupakan badan milik pemerintah yang berwenang untuk menetapkan ukuran kerangka kapal, cara penyambung dan ukuran modulus penampang kapal yang diperbolehkan untuk konstruksikapal. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara ke pemilik kapal dan pengukuran langsung konstruksi kapal sekoci yang bersandar di sekitar pelabuhan (data primer). Adapun data yang dikumpulkan dari lapang adalah ukuran utama yang antara lain panjang, lebar, sarat, dan kecepatan. Sedangkan ukuran konstruksi antara lain ukuran lunas, linggi haluan dan buritan, gading, wrang, galar balok, galar kim, balok geladak, geladak, kuliat luar, dan pagar.Analisis konstruksi kapal dilakukan dengan cara membandngkan hasil pengukuran bagian

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/171/051803942
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 May 2018 03:19
Last Modified: 24 Oct 2021 05:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11221
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item