Pengaruh Penambahan Madu Dari Nektar Randu (Ceiba Pentandra) Pada Konsentrasi Yang Berbeda Terhadap Sifat Kimia Sabun Padat Transparan

Usmayana, Bella (2018) Pengaruh Penambahan Madu Dari Nektar Randu (Ceiba Pentandra) Pada Konsentrasi Yang Berbeda Terhadap Sifat Kimia Sabun Padat Transparan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Madu merupakan cairan alami yang umumnya mempunyai rasa manis yang dihasilkan oleh lebah madu (Apis sp) dari sari bunga tanaman (floral nectar) atau bagian lain dari tanaman (ekstra floral) SNI 3545. Madu merupakan salah satu produk hasil hutan yang sudah lama dikenal oleh masyarakat dan memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu sebagai suplemen kesehatan, kecantikan, anti toksin, obat luka, dan sebagai bahan baku dalam industri makanan dan minuman. Besarnya permintaan terhadap madu belum dapat diimbangi oleh kemampuan industri perlebahan dalam meningkatkan produksi madu, sehingga untuk mengatasi kondisi tersebut maka pengembangan usaha lebah madu perlu dilakukan dalam berbagai aspek salah satunya di bidang kecantikan yaitu sabun. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui berapa konsentrasi terbaik penambahan madu dari nektar randu terhadap sabun padat transparan. Materi penelitian dalam pembuatan sabun transparan yaitu madu dari nektar randu, minyak biji bunga matahari, NaOH 30%, asam stearat, etanol, gliserin, gula pasir, asam sitrat, coco-DEA, NaCl, pewangi dan vi air. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini yaitu : P0 tanpa penambahan madu randu; P1 penambahan madu randu 2,5 %; P2 penambahan madu randu 5 %; P3 penambahan madu randu 7,5 %. Semua perlakuan akan dilihat kadar air, pH, alkali bebas, asam lemak bebas dan minyak mineral. Data dianalisis menggunakan sidik ragam ANOVA dan apabila mengalami perbedaan dilakukan uji lanjut menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan madu dari nektar randu pada sabun padat transparan dengan tingkat konsentrasi yang berbeda memberikan perbedaan yang sangat nyata ( P<0,01 ) terhadap ph, sedangkan pada kadar air memberikan perbedaan yang tidak nyata (P>0,05). Pada pH sabun padat transparan yang dihasilkan yaitu P0 10,89; P1 10,72; P2 9,79 dan P3 9,35. Pada kadar air sabun padat transparan yang dihasilkan yaitu P0 31,97%; P1 32,05%; P2 32,09% dan P3 32,20%. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai alkali bebas dan asam lemak bebas pada sabun padat transparan dengan penambahan madu dari nektar randu sebanyak 0%, 2,5%, 5%, dan 7,5% tidak terukur jumlahnya dan minyak mineral negatif. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa perlakuan terbaik sabun padat transparan dengan penambahan madu dari nektar randu yaitu P3 dengan penambahan madu pada taraf 7,5% dengan nilai rataan kadar air 32,20%; pH 9,35; alkali bebas dan asam lemak bebas tidak terdeteksi dan minyak mineral negatif. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini yaitu kadar air yang dihasilkan meningkat dikarenakan pengaruh aging yang singkat, maka dari itu perlu diperhatikan lagi masa aging agar kadar air lebih stabil lagi.

English Abstract

The aim of the research was to determine effect of ceiba pentandra honey addition on difference concentration of transparent solid soap in terms of moisture content, pH, free alkali, free fatty acid and mineral oil. The method of this research was experimental designed by completely randomized design (CRD) with four treatments and five replications. The treatment were : without addition ceiba pentandra honey (T0), 2.5% addition ceiba pentandra honey (T1), 5% addition ceiba pentandra honey (T2), 7.5% addition ceiba pentandra honey (T3). Data were analyzed by analysis of variance (ANOVA) and continued with Duncan Multiple Range Test. It could be concluded that the best treatment in the research was transparence solid soap that made with ceiba pentandra honey 7.5% (T3) addition with moisture content 32.20%; pH 9.35; free alkali and free fatty acid undetectable free fatty acids and negative mineral oils.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/194/051804005
Uncontrolled Keywords: Ceiba pentandra, honey, transparent solid soap
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 638 Insect culture > 638.1 Bee keeping (apiculture) / Bee culture > 638.16 Honey processing / Bee products / Honey
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 May 2018 01:26
Last Modified: 22 Oct 2021 05:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11043
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item