Pengaruh Bauran Promosi (Promotional Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Kit Kat (Studi Kasus Di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau)

Hidayati, Nurul (2018) Pengaruh Bauran Promosi (Promotional Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Kit Kat (Studi Kasus Di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bauran Promosi merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran yang banyak dilakukan perusahaan untuk dapat memperkenalkan produknya kepada masyarakat atau konsumen. Melakukan bauran promosi sangat penting lakukan untuk membantu perusahaan mencapai tujuan penjualannya. Dengan melakukan bauran promosi, suatu produk yang dihasilkan suatu perusahaan akan lebih dikenal dan dapat menarik minat konsumen. PT. Nestle Indonesia sebagai produsen dari cokelat Kit Kat telah melakukan bauran promosi sebagai upaya meningkatkan penjualan produknya. Sebagai produsen, perusahaan juga telah melakukan strategi pemasaran untuk dapat menarik minat dari konsumennya. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini ialah: 1) Untuk menganalisis pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian produk cokelat Kit Kat. 2) Untuk menganalisis variabel bauran promosi apa yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk cokelat Kit Kat. Analisis yang digunakan didalam penelitian ini ialah analisis deskriptif untuk menjelaskan kegiatan bauran promosi pada cokelat Kit Kat. Serta analisis kuantitatif yaitu melakukan perhitungan dengan analisis regresi linier berganda yang digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel bauran promosi terhadap keputusan pembelian produk cokelat Kit Kat serta mengetahui variabel bauran promosi yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil dari penelitian ini , yaitu kegiatan bauran promosi pada cokelat Kit Kat dilakukan melaui periklanan yang disajikan berupa iklan media cetak, radio dan televisi; promosi penjualan berupa potongan harga, beli satu gratis satu dan pemberian gratis produk tiap pembelian produk tertentu; serta hubungan masyarakat berupa pameran dan sponsor. Sebelum melakukan pengujian menggunakan regresi, kuesioner yang digunakan dalam penelitian terlebih dahulu di tes menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk melihat kemampuan suatu kuesioner untuk menjadi alat analisis dalam suatu penelitian. Selain itu, juga perlu dilakukan pengujian asumsi klasik, sebagai pemenuhan syaat dilakukannya regresi dalam suatu penelitian. Hasil dari uji asumsi klasik menunjukkan bahwa sebaran data dalam peneltian ini memiliki sebaran data normal dan tidak terdapat multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Hasil dari analisis regresi linier berganda diketahui bahwa ketiga variabel bauran promosi signifikan atau memiliki keterkaitan terhadap variabel keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari taraf signifikan secara parsial maupun secara simultan yang menunjukkan hasil memiliki signifikansi kurang dari 5%. Selain itu, pada nilai dari R juga menunjukkan bahwa variabel yang diteliti telah dapat mewakili keadaan sebenarnya dilapang dengan nilai R sebesar 0,786. Selanjutnya, variabel bauran promosi yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk cokelat Kit Kat ialah variabel hubungan masyarakat.

English Abstract

Promotion Mix is one form of marketing strategy that many companies do to be able to introduce their products to the public or consumers. The promotion mix is very important to help the company achieve there sales goals. By doing promotional mix, a product produced by a company will be better known and can attract consumer interest. PT. Nestle Indonesia as a producer of Chocolate Kit Kat has been doing promotional mix as an effort to increase its product sales. For the producers, the company has also conducted marketing strategies to attract customers. The purpose of this research is: 1) To analyze the influence of promotion mix to purchase decision of Kit Kat product. 2) To analyze which promotion mix variables are the most dominant in influencing the purchase decision of Kit Kat's product. The analysis used in this research is descriptive analysis to explain promotional mix activity on Kit Kat chocolate. As well as quantitative analysis is to perform calculations with multiple linear regression analysis used to analyze the effect of promotional mix variables on purchasing decisions of Kit Kat products and knowing the promotion mix variables that have the most influence on purchasing decisions. The result of this research, that is promotion activity of Kit Kat chocolate is done through advertisement presented in the form of advertisement of print media, radio and television; sales promotion in the form of discounts, buy one free one and free gift product every purchase of certain products; as well as public relations in the form of exhibitions and sponsors. Before conducting tests using regression, the questionnaire used in the research first tested using the validity test and reliability test to see the ability of a questionnaire to be an analysis tool in a study. In addition, it is also necessary to test the classical assumption, as the fulfillment of shamans do regression in a study. The results of the classical assumption test indicate that the distribution of data in this study has normal data distribution and there is no multicollinearity and heteroscedasticity. Results from multiple linear regression analysis revealed that the three promotional mix variables are significant or have relevance to the purchase decision variable. This can be seen from the significant level partially or simultaneously showing the results have significance less than 5%. In addition, the value of R also shows that the variables studied have been able to represent the true state of dilapang with R value of 0.786. Furthermore, the most dominant promotional mix variable in influencing the purchase decision of Kit Kat's chocolate product is the public relations variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/192/051803030
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 May 2018 07:11
Last Modified: 20 Oct 2021 07:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11020
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (580kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (578kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (373kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item