Peran Guru Dalam Manajemen Kelas Pada Drama Kasuka Na Kanojo Karya Sutradara Keiichiro Shiraki

Masya, Rizki Nafila (2018) Peran Guru Dalam Manajemen Kelas Pada Drama Kasuka Na Kanojo Karya Sutradara Keiichiro Shiraki. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seorang guru bukan hanya sebagai pentransfer ilmu saja tapi, seorang guru berperan sangatlah penting dalam kegiatan belajar mengajar dan menciptakan lingkungan yang mendukung di dalam kelas untuk terjadinya proses belajar mengajar. Seorang guru juga harus memiliki keterampilan khusus guna menciptakan pembelajaran yang efektif salah satu keterampilan yang di butuhkan seorang guru adalah manajemen kelas. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengadakan studi tentang peran guru dalam manajemen kelas yang diterapkan dalam drama Kasuka Na Kanojo Karya Sutradara Keiichiro Shiraki yang menceritakan tentang perjuangan seorang guru yang bernama Kamiyama Sensei untuk mengajar di SMP Ohara Selatan, yaitu kelas 3-2. Adapun penelitian ini memiliki fokus penelitian, yaitu peran guru dalam manajemen kelas yang diterapkan oleh Kamiyama Sensei dikelas 3-2 SMP Ohara Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode observasi non partisipan. Data dalam penelitian ini berupa dialog, monolog, serta aktifitas Kamiyama Sensei dan para pemain pada drama Kasuka Na Kanojo Karya Sutradara Keiichiro Shiraki yang dianalisis menggunakan teori peran guru oleh Suparlan (2005:25) dan teori komponen-komponen keterampilan manajemen kelas oleh Euis Karwati dan Donni Juni Priansa (2015:32-34). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) peran guru yang diterapkan oleh Kamiyama Sensei dalam drama Kasuka Na Kanojo cukup bervariasi, namun peran guru yang paling menonjol yaitu peran guru sebagai pendidik (2) manajemen kelas yang menonjol dalam drama ini yaitu adalah sikap tanggap yang di lakukan oleh Kamiyama Sensei pada peserta didiknya, memberi penguatan serta menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah. Untuk penelitian Selanjutnya disarankan menggunakan teori psikologi pendidikan kerena terdapat banyak permasalah pada peserta didik yang tertekan pada tuntutan orang tua sehingga menyebabkan perilaku buruk yang terjadi disekolah.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/51/051801649
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Manajemen Kelas, Drama
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 23 May 2018 02:34
Last Modified: 25 Oct 2021 04:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10900
[thumbnail of GAMBAR_20180122_0006.jpg]
Preview
Image
GAMBAR_20180122_0006.jpg

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 1.pdf]
Preview
Text
Lampiran 1.pdf

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 2.pdf]
Preview
Text
Lampiran 2.pdf

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 3.pdf]
Preview
Text
Lampiran 3.pdf

Download (614kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 4.pdf]
Preview
Text
Lampiran 4.pdf

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 5.pdf]
Preview
Text
Lampiran 5.pdf

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 6.pdf]
Preview
Text
Lampiran 6.pdf

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 7.pdf]
Preview
Text
Lampiran 7.pdf

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 8.pdf]
Preview
Text
Lampiran 8.pdf

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (112kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item