Analisis Saluran Dan Marjin Pemasaran Telur Itik Di Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto

Nugroho, Catur (2018) Analisis Saluran Dan Marjin Pemasaran Telur Itik Di Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan penduduk Indonesia menuntut terpenuhinya permintaan masyarakat terhadap kebutuhan protein hewani yang cenderung mengalami peningkatan. Pembangunan sektor peternakan itik diprioritaskan pada peningkatan populasi ternak untuk memenuhi kebutuhan daging dan telur konsumsi, sehingga laju pertumbuhan penduduk dapat diikuti dengan terpenuhinya konsumsi protein hewani bagi masyarakat. Minimnya kemampuan peternak dalam menangani hasil panen dan memasarkan produk hasil peternakannya, menyebabkan saluran pemasaran yang terbentuk menjadi panjang dan pada akhirnya konsumen bahkan peternak itu sendiri tidak diuntungkan. Salah satu faktor yang paling penting dalam saluran pemasaran adalah biaya pemasaran. Biaya pemasaran ini sering kali dikenal dengan sebutan marjin pemasaran. Marjin pemasaran adalah selisih harga yang dibayarkan konsumen ketika membeli v produk atau barang yang diperlukan untuk menutupi biaya yang dikeluarkan dalam proses pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pola saluran pemasaran telur itik konsumsi di Kecamatan Mojosari, mengetahui margin pemasaran telur itik serta menentukan pola saluran pemasaran yang paling efisien. Materi penelitian adalah responden peternak di Desa Modopuro yang ditentukan secara sengaja (purposive sampling) dengan jumlah 15 peternak. Penentuan pedagang perantara sebagai responden dengan teknik snowball sampling. Jumlah responden pedagang yaitu 15 pedagang dengan rincian empat pedagang besar, enam pedagang menengah, dan lima pedagang kecil. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode survei. Variabel pengamatan dalam penelitian ini adalah efisiensi pemasaran melalui FGP (Farm Gate Price). Analisis data dilakukan dengan menentukan saluran pemasaran dan margin pemasaran serta efisensi pemasaran berdasarkan share biaya dan share keuntungan. Responden dalam penelitian ini meliputi empat kelompok, yaitu: kelompok peternak, pedagang besar, pedagang menengah dan pedagang kecil. Peternak itik di Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto rata-rata memliki jumlah populasi 500 ekor itik. Peternak itik berperan sebagai produsen dalam pendistribusian telur itik, baik telur tetas maupun telur konsumsi yang artinya semua harga yang nantinya akan terpatok dari peternak itik. Patokan harga yang diberikan kepada pengepul sampai dengan konsumen akhir meliputi pertimbangan pengeluaran biaya produksi meliputi biaya pakan, biaya pembelian itik dara, biaya obat dan vaksin, biaya untuk upah tenaga kerja, biaya pembelian sekam, biaya pembayaran listrik dan air, biaya kandang, sewa tanah dan gudang, biaya pembelian egg tray, timbangan dan peti atau keranjang. Profil pedagang besar dalam rentang satu bulan membeli telur konsumsi sekitar ±25.000 butir telur dan memiliki omzet Rp. 37.500.000,00 per bulan dari hasil vi penjualan telur itik konsumsi. Profil pedagang menengah mampu membeli telur itik sebanyak ± 3000 butir dan menghasilkan omzet rata-rata Rp. 5.021.167,00 dalam satu bulan. Profil dari pedagang kecil berdasarkan omzet dalam satu bulan sebesar Rp. 1.410.000,00 dari hasil menjual telur konsumsi kurang dari 1000 butir. Karakteristik responden penelitian digambarkan berdasarkan jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan akhir, dan lama usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FGP telur itik di Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto Rp. 1.495,00. Kesimpulan dari makalah pemasaran telur itik di Desa Modopuro Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto ada dua pola pemasaran yaitu Pola pemasaran tidak langsung level tiga sebagai berikut: peternak > pedagang besar > pedagang menengah > pedagang kecil > konsumen dengan persentase marjin sebesar 66,67%. Pola pemasaran tidak langsung level dua sebagai berikut peternak > pedagang besar > pedagang menengah > konsumen dengan persentase marjin sebesar 56,67%. Efisiensi pemasaran pada pola pemasaran tidak langsung level 2 karena EP < 1.

English Abstract

This research aimed to identify the pattern of marketing channel of duck eggs for consumption in Kecamatan Mojosari, to knew the marketing margin of duck eggs and to determine the most efficient marketing channel pattern. The research material were the respondent of breeders in Modopuro Village which is determined purposively (purposive sampling) with the number of 15 breeders. Determination of intermediary traders as respondents with snowball sampling technique. The number of trader respondents were 15 traders with details of four wholesalers, six middle traders, and five small traders. Technique of data retrieval done by survey method. Variable observation in this research is marketing efficiency through FGP (Farm Gate Price). Data analysis done by determining marketing channel and marketing margin and marketing efficiency based on share cost and profit share. The results that FGP value of duck eggs in Mojosari sub-district Mojokerto regency IDR 1,495. In Mojosari, there are two types of marketing channels such as pattern 1 or level three indirect marketing : breeder> big trader> middle trader> small trader> consumer with margins were 66,67% and pattern 2 or level two indirect marketing: breeder> big trader> middle trader> consumer with margins were 56,67%. The conclusion of this research is marketing channel of level two indirect marketing are efficient because result of efficiency analysis > 1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/96/051802723
Uncontrolled Keywords: Duck eggs, marketing channels, the percentage margins, marketing efficiency, FGP (Farm Gate Price).
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.87 Marketing channels
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 May 2018 01:28
Last Modified: 22 Oct 2021 05:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10865
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of JURNAL CATUR NUGROHO (105050100111105).pdf] Text
JURNAL CATUR NUGROHO (105050100111105).pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Actions (login required)

View Item View Item