Pengaruh Karakteristik Produk, Citra Merek, Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Uht Di Kota Malang

Rini, Handayani Parsetya (2018) Pengaruh Karakteristik Produk, Citra Merek, Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Uht Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Susu merupakan sumber protein hewani yang sangat bermanfaat karena memiliki nilai gizi yang tinggi terutama air, protein, dan lemak, oleh karenanya, saat ini sudah dikembangkan teknologi untuk memperpanjang umur simpan susu agar dapat bertahan lama di pasaran dan aman dikonsumsi masyarakat. Salah satu teknologi pada pengolahan pangan di industri yaitu teknologi UHT (Ultra High Temperature). Adanya berbagai variasi susu UHT di pasaran, menyebabkan kecenderungan konsumen untuk memilih dan lebih menyukai produk susu tertentu. Dengan demikian perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli susu UHT tersebut. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yaitu atribut citra merek, harga, dan persepsikarakteristik produk di kota Malang. Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data dilakukan pada tanggal 11 Juni hingga 11 Agustus 2017 yang mengambil responden di tiga supermarket di Kota Malang, yaitu supermarket Hero, Superindo dan Giant. Tujuan ini untuk mengatahui pengaruh viii karakteristik produk, citra merek dan harga susu UHT terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei, dengan pemilihan reponden yang ditentukan melalui metode purposive samplingdengan kriteria yaitu konsumen yang membeli susu UHT dengan rentang umur 18-60 tahun pada tiga supermarket. Data penelitian dianalisis secara deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Metode penentuan sampel menggunakan margin of error sebesar 10%, dengan jumlah responden yang diambil sebanyak 150 orang. Hasil penelitan yang dilakukan diketahui bahwa pada analisis faktor didapatkan enam faktor baru yang terbentuk pertama adalah kepercayaan pada merek terdiri dari lima sub faktor yaitu merek mudah di kenal, pengolahan produk, brand perusahaan, kepercayaan terhadap perusahaan, karakteristik produk. Faktor kedua yang terbentuk adalah kelayakan prodek yang memiliki tiga sub faktor yaitu merek yang terpercaya, selera konsumen, kepuasan terhadap produk. Faktor ketiga yang terbentuk adalah harga produk yang terdiri dari tiga sub faktor yaitu harga relatif lebih murah dari pesaing, harga menunjukan karakteristik, perbandingan harga. Faktor keempat yang terbentuk adalah keunggulan produk terdiri dari tiga sub faktor yaitu kemasan susu unik dan menarik, volume susu, manfaat susu. Faktor kelima yang terbentuk adalah daya saing produk terdiri dari tiga sub faktor yaitu perbandingan merek produk, pengetahuan terhadap produk, pengaruh merek. Faktor yang keenam adalah karakteristik fisik produk terdiri dari sub faktor yaitu kekentalan susu dan aroma susu. Berdasarkan hasil dari analisis regresi linier berganda faktor yang berpengaruh pada keputusan pembelian susu UHT adalah pendidikan, pekerjaan, uang belanja/gaji, kepercayaan pada merek, kelayakan produk produk, karakteristik fisik produk. Hasil regresi ix linier berganda menunjukan bahwa 81,7 % dapat di jelaskan oleh variabel tersebut. Mempunyai hubungan 64,5% antara variabel bebas dan variabel terikat. Uji F menunjukan bahwa pengaruh variabel bebas kepada variabel terikat signifikan. Hasil uji T menunjukan variabel mempunyai nilai yang positif adalah pendidikan, pekerjaan, uang belanja, keparcayaan pada merek, kelayakana produk, harga produk, keunggulan produk dan karakteristik fisik produk. Pada daya saing produk bernialai negatif terhadapat keputusan pembelian. Berdasarkan data uji F dan uji T menunjukan setiap kenaikan satu satuan pendidikan keputusan pembelian naik 0,163, setiap naik satu satuan pekerjaan akan naik keputusan pembelian sebesar 0,076, uang belanja dan gaji naik setiap satu satuan maka nilai keputusan pembelian naik 0,67, kepercayaan pada merek naik setiap satu satuan maka akan naik sebesar 0,367, kelayakan produk naik setiap satu kesatuan maka naik 0,369 keputusan pembelian, karakteristik produk naik setiap satu satuan maka naik 0,559 keputusan pembelian susu UHT. Penelitian ini menunjukan, ada beberapa karakteristik responden di supermarket dalam melakukan pembelian susu UHT di Kota Malang. Hasil perhitungan yaitu terdiri dari laki-laki dan perempuan dan di dominasi oleh perempuan dengan persentase 82% atau 123 responden berumur 18-25 tahun; 24% atau 36 responden bekerja sebagai wirausaha; 89 atau 59% responden memiliki tingkat pendidikan sarjana. 51 atau 34% responden memliki uang bulanan sebesar Rp.2.000.001–5.000.000. Penilaian tertinggi secara berturut–turut kepada variabel karakteristik produk, citra merek dan harga. Berdasarkan hasil penelitian, variabel bebas yaitu karakteristik, harga dan citra merek berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian susu UHT. Hal tersebut dapat menjadi masukan bagi perusahaan agar dapat meningkatkan dan mempertahankan karakteristik, harga dan citra merek produknya.

English Abstract

The study was conducted on June 11 to August 11, 2017 which took respondents in three supermarkets in Malang City, namely supermarket Hero, Superindo and Giant. This objective was determined the effect of product characteristics, brand image and UHT milk prices on consumer purchasing decisions. The method used in this study was a survey method, with the selection of respondents who determined through the purposive sampling method and also with criteria of consumers who buy UHT milk with an age range of 18-60 years in three supermarkets. The data were analyzed descriptively, factor analysis and multiple regression analysis using SPSS program. The method of determining the sample by using a margin of error of 10%, with the number of respondents taken about 150 people. The result of research was to known that in factor analysis, there are six new factors which consumer services and product characteristics product feasibility also about impact of product, product price and color, packaging and volume, product competitiveness, physical characteristic of product. Based on result from multiple regression analysis, factor which affects UHT milk purchasing decisions were education, vi employment, spending / salary, trust in the brand, product feasibility, product physical characteristics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/91/051802529
Uncontrolled Keywords: Product Quality, Brand Image, Product Price, Purchase Decision, UHT milk, multiple linear regression.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 May 2018 01:01
Last Modified: 22 Oct 2021 05:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10851
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)

Actions (login required)

View Item View Item