Pengaruh Terpaan Tayangan Acara iLook NET TV Terhadap Perubahan Sikap Penonton Pada Gaya Berbusana (Studi Pada Penonton Perempuan Penduduk Kota Surabaya)

Adhyke, Yuzy Prila (2018) Pengaruh Terpaan Tayangan Acara iLook NET TV Terhadap Perubahan Sikap Penonton Pada Gaya Berbusana (Studi Pada Penonton Perempuan Penduduk Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu media massa yang digunakan pada saat ini ada berbagai macam yaitu, radio, majalah, koran, dan televisi. Di Indonesia penggunaan media yang paling besar adalah Televisi, televisi menyediakan berbagai macam program yang menarik serta informatif. Program-program yang diberikan seperti talkshow, berita, musik dan fashion. Karena banyaknya penggunaan televisi, stasiun televisi berlomba-lomba membuat program acara yang banyak dan menarik. Banyaknya penggunaan juga membuktikan bahwa banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan televisi sebagai sumber informasi, seringnya masyarakat menonton televisi dapat mengakibatkan adanya konstruksi pikiran. Masyarakat pemikirannya akan terkonstruksi sebagaimana televisi memberikan informasi. Sehingga televisi dapat dikatakan menjadi pembentuk opini. Karena adanya konstruksi tersebut, maka dapat mengakibatkan terjadinya perubahan pada sikap penontonnya. Pada penelitian ini menggunakan teori kultivasi yang dijelaskan bahwa televisi dapat memberikan pengaruh kepada penontonnya terutama pada penonton heavy viewer, serta menggunakan teori S-O-R yang menyatakan mengenai adanya perubahan sikap seseorang dikarenakan adanya pengaruh dari sekitar lingkungannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Penelitian ini menggunakan responden yang pernah menonton acara iLook NET TV di wilayah Surabaya. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh televisi terhadap perubahan sikap penonton, namun perubahan tersebut tidak hanya dirasakan pada penonton heavy viewer saja tapi juga penonton light viewer.

English Abstract

In Indonesia television is one of media that people use often to get information. Because of the large viewers, every television try to make the best programmes. Programmes that can gain attention of Indonesian people, such as talkshow, news, and magazine show. iLook is one of the magazine show programme that NET TV made. iLook is a tv programme that give viewers information about fashion, it shows every Saturday and Sunday. This research uses quantitative research method with explanative approach. This study used respondents who had watched iLook NET TV who lived in Surabaya area. Theories which this research use are Qultivation and S-O-R.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/251/051803871
Uncontrolled Keywords: Terpaan media, Sikap, Teori Kultivasi, Teori S-O-R, Penelitian Kuantitatif, Pengaruh, Televisi, Fashion.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.234 Motion pictures, radio, television > 302.234 5 Television
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 May 2018 07:08
Last Modified: 21 Oct 2021 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10768
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (653kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (655kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item