Analisis Efektivitas Bauran Promosi Guna Meningkatkan Nilai Penjualan pada CV. Mentari Nusantara Feedmill Tulungagung”

NurHuda, Anna (2012) Analisis Efektivitas Bauran Promosi Guna Meningkatkan Nilai Penjualan pada CV. Mentari Nusantara Feedmill Tulungagung”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada abad modern ini kegiatan budidaya perikanan memiliki prospek yang cerah dimana kebutuhan ikan dunia masih kekurangan banyak pasokan, begitu juga di Indonesia. Budidaya perikanan harus didukung pakan yang baik mengingat pertumbuhan ikan yang relatif singkat akan mempercepat proses panen, sehingga perputaran produksi akan cepat juga. CV. Mentari Nusantara Feedmill adalah salah satu perusahaan yang menyediakan pakan ikan buatan untuk mendukung usaha budidaya petani ikan. Persaingan di bidang industri Aquaculture ini cukup ketat sehingga program promosi yang dibuat harus efektif agar mampu menguasai pasar yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bauran promosi guna meningkatkan nilai penjualan pada perusahaan CV. Mentari Nusantara Feedmill Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatatif dan rancangan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Perusahaan CV. Mentari Nusantara Feedmill dengan alamat di Desa Batokan Kecamatan Ngantru, Tulungagung . Informan dalam penelitian ini dipilih dengan teknik snowball sampling sampai taraf redundancy, artinya bahwa dengan menggunakan sumber data selanjutnya tidak lagi diperoleh tambahan informasi baru yang berarti. Informan dalam penelitian ini meliputi pemilik perusahaan, manajer pemasaran, manajer produksi, pengecer dan konsumen pengguna produk perusahaan. Data penelitian diambil dengan teknik kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah model interaktif dimana ada tiga jenis kegiatan analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan CV. Mentari Nusantara Feedmill selama ini masih belum berjalan secara efektif. Media promosi kurang variatif dan programnya masih kurang menarik. Tentunya ini juga dikarenakan alokasi biaya untuk promosi yang masih minim sehingga perlu diperbesar lagi. Pesan promosi masih kurang detail dan kurang unik sehingga belum mampu menarik konsumen serta menyampaikan maksud dari perusahaan. Kualitas produk juga berubah-ubah atau labil yang menyebabkan banyak konsumen yang kecewa dan berpindah ke produk pesaing. Semua hal itu menyebabkan promosi yang dilakukan belum mampu mendongkrak nilai penjualan dengan peningkatan yang signifikan. Peningkatan masih dirasa lambat dan tidak dapat mempengaruhi konsumen secara permanen dan bahkan perusahaan mengalami penurunan nilai penjualan. Oleh karena itu banyak yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki agar lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/16/051200259
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Apr 2012 09:50
Last Modified: 19 Oct 2021 21:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105969
[thumbnail of 051200259.pdf]
Preview
Text
051200259.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item