Analisis Kegiatan Promosi Pariwisata Di Cafe Sawah Desa Wisata Pujonkidul

Sitanggang, Christina Rimbun (2018) Analisis Kegiatan Promosi Pariwisata Di Cafe Sawah Desa Wisata Pujonkidul. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan promosi tidak hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang memperkenalkan sebuah produk dan menawarkan jasa, tetapi kegiatan promosi ini juga dapat dilakukan oleh desa wisata guna memperkenalkan produk dan jasa serta potensi wisata yang dimiliki. Desa Wisata Pujonkidul merupakan desa wisata yang berpotensi dikunjungi dengan fasilitas dan sumber daya alam yang dimilikinya. Pengelola Cafe Sawah sudah menerapkan beberapa kegiatan promosi untuk memperkenalkan produk wisata yang ada di Cafe tersebut dengan menggunakan promosi melalui dua media yaitu media cetak, media sosial dan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan promosi pada Cafe Sawah di Desa Wisata Pujonkidul dengan cara menganalisis dan mendeskripsikan alat-alat kegiatan promosi yang digunakan serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung kegiatan promosi di Cafe Sawah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data interaktif model Miles dan Huberman serta keabsahan data yang menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dalam kegiatan promosi pihak pengelola Cafe Sawah melakukan proses kegiatan komunikasi seperti, mementukan tujuan komunikasi, merancang pesan, mengidentifikasi khalayak yang dituju, memilih saluran komunikasi (media), serta pemilihan alat-alat promosi. Media promosi yang digunakan pada kegiatan promosi yaitu brosur, website (blog), dan radio. Alat-alat promosi yang digunakan yaitu Advertising, Internet Marketing, Public Relation dan Personal Selling. Implementasi pada kegiatan Promosi masih belum maksimal apabila dilihat dari efektivitas alat-alat promosi serta media yang digunakan. Untuk pesan yang disampaikan juga masih belum cukup untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung khususnya pada penyampaian pesan yang digunakan di media sosial instagram desa tersebut.

English Abstract

The Promotion is not only done by companies that introducing a certain product and offer a service, but this promotion also can be done by tourism village to indtroduce their product and service also tourism potential. Pujonkidul Tourism Village is a tourism village that has the potential to be visited with their facility and nature rescources. The maintainers of Cafe Sawah has apply some promotion activities to introduce their tourism product in the village using two promotion medias which is printed, social media, and internet. This research attemps to know the promotion activities in Cafe Sawah through analysing and describing the promotion tools also to knowing the resistor and supporting factors of the promotion in Cafe Sawah. Type of research used in this undergraduate thesis is descriptive research with qualitative approach. As the data collection method this research uses observation, interview and documentation.This reserach uses interactive data analysis model from Miles and Huberman with triangulation method to examine the data’s validity. The result of this research shows that in promotion the mantainer of Cafe Sawah has done a communication activity such as, setting the communication goal, designing message, identifying the target, choosing communication media, and also choosing the promotion tools. The promotion media that being used are brochure, website (blog), and radio. The promotion tools that being used are advertising, internet marketing, public relation, and personal selling. Implementation on promotion activity still not maximum if we see through the effeciency of the promotion tools and medias. The message that delivered was not enough to attract tourist especially on the message delivery used in the village’s instagram account.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/210/051803653
Uncontrolled Keywords: Promosi, Alat-Alat Promosi, Komunikasi Pemasaran, Desa Wisata
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 16 May 2018 02:34
Last Modified: 26 Oct 2021 08:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10565
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (863kB) | Preview
[thumbnail of 8. Lampiran.pdf.pdf]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf.pdf

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item