Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Diskusi dengan Media Teka-teki silang pada Siswa Kelas VIII-A SMP Shalahuddin

Febrianti, Nova Ayu (2017) Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Diskusi dengan Media Teka-teki silang pada Siswa Kelas VIII-A SMP Shalahuddin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemampuan memahami merupakan kemampuan paling dasar yang harus dikuasai siswa kelas VIII-A. Hampir seluruh siswa akan menjawab “paham” ketika guru bertanya. Namun, banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM pada saat penugasan. Hal itu, menunjukkan bahwa siswa belum memahami materi yang diberikan, tetapi siswa menjawab paham agar pembelajaran cepat selesai dan dapat bermain dengan temannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan proses dan peningkatan hasil belajar siswa, dan (2) mengetahui dampak penggunaan media pada pendidikan karakter siswa kelas VIII-A SMP Shalahuddin. Penelitian ini menggunakan model PTK Kemmis dan Mc Taggart dengan pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah siswa kelas VIII-A SMP Shalahuddin. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi guru, hasil observasi siswa, dan hasil observasi karakter siswa. Analisis data dilakukan dengan menganalisis persentase peningkatan proses dan hasil pembelajaran, serta analisis persentase dampak penggunaan media teka-teki silang (TTS) terhadap pendidikan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami teks diskusi oleh siswa kelas VIII-A dinyatakan meningkat setelah menggunakan media TTS. Pemerolehan persentase kegiatan pembelajaran memahami teks diskusi adalah 92,64%, artinya proses pembelajaran di kelas VIII-A telah terlaksana dengan sangat kondusif dan pada hasil pemerolehan siswa memperoleh persentase tahap prasiklus adalah 54,54%, persentase pada siklus I adalah 72%, dan persentase pada siklus II adalah 100%. Peningkatan persentase tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media TTS membuat siswa antusias dalam mengisi jawaban pada kolom lajur mendatar dan lajur menurun, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu, dapat ditunjukkan dengan pemerolehan persentase sebesar 85% pada dampak penggunaan media TTS terhadap pembentukan karakter siswa.

English Abstract

The ability of understanding is the basic skill which should be acquired by VIII-A class. In learning process, many students will answer “understand, ma’am!” when the teacher asks about the material. However, in the end of learning, most of them get under the standard score. It shows that students do not understand with the material given, but they respond differently in order to complete the learning process quickly. The rowdy class makes students difficult to understand the material provided. Th This research aims to, (1) describe the improvement of learning process and enhancement of learning outcomes, (2) know the impact of media usage on the student character building of VIII-A class of SMP Shalahuddin. This research uses “PTK” of Kemmis and Mc Taggart with qualitative approach. The data source is the students of VIII-A class of SMP Shalahuddin Malang. The data research are obtained from the observation of students and their characters. The data is analyzed by percentage analysis to the improvement of teaching learning, learning achievement, and the impact of media usage of TTS (Teka-Teki Silang) on student character building. The result showed that the ability to understand the discussion text by the students of VIII-A class increased after using TTS media. The percentage of learning process was 92.64%, it meant the learning process in VIII-A class had been done very conducive. The result of the percentage improvement of the students’ ability in understanding the discussion text at the pre-cycle was 54.54%, the percentage in cycle I was 72% and cycle II was 100%. The percentage enhancement showed that the usage of TTS can simplify and make the students enthusiastic in learning, so as to improve the student learning outcomes. It was proved with the percentage by 85% on the impact of TTS media usage on the student character building.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/458/051706185
Uncontrolled Keywords: PTK, teks diskusi, teka-teki silang, pendidikan karakter
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Aug 2017 01:44
Last Modified: 17 Oct 2024 07:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1047
[thumbnail of Nova Ayu Febrianti.pdf] Text
Nova Ayu Febrianti.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item