Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 Pengguna Oppo Smartphone)

Fouratama, Fijar (2018) Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 Pengguna Oppo Smartphone). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan : (1) Signifikansi pengaruh secara bersama-sama variabel Citra Perusahaan (X1), Citra Konsumen (X2) dan Citra Produk (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y); (2) Signifikansi pengaruh variabel Citra Perusahaan (X1) Terhadap Keputusan Pembelian (Y); (3) Signifikansi pengaruh variabel Citra Konsumen (X2) Terhadap Keputusan Pembelian (Y); (4) Signifikansi pengaruh variabel Citra Produk (X3) Terhadap Keputusan Pembelian (Y). Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 112 Orang responden yang merupakan Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 pengguna handphone Oppo Smartphone dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asusmsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Variabel citra perusahaan (X1), citra konsumen (X2) dan citra produk (X3) memiliki pengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian (Y) nilai signifikansi dari uji F sebesar nilai Sig. F 0,000 (0,000 < α = 0,05); (2) Variabel citra perusahaan (X1) mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,317 dan nilai sig. t sebesar 0,017 (0,017 < 0,05); (3) Variabel citra konsumen (X2) mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,346 terhadap struktur keputusan pembelian (Y) dan sig. t adalah sebesar 0,003 (0,003<0,05); (4) Variabel citra produk (X3) mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,677 terhadap struktur keputusan pembelian konsumen (Y) dan sig. t adalah sebesar 0,000 (0,000<0,05), sehingga variabel citra produk (X3) menjadi variabel dominan terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

This study is aim to understand and explain : (1) Significance of the influence of corporate image variable (X1), consumers image variable (X2) and product image variable (X3) on consumer purchase decision (Y) all together; (2) Significance of the influence of corporate image variable (X1) on consumer purchase decision (Y); (3) Significance of the influence of consumers image variable (X2) on consumer purchase decision (Y); (4) Significance of the influence of product image variable (X3) on consumer purchase decision (Y). The type of this research is explanatory research with quantitative approach. This study takes sample of 112 respondents of Undergraduate Students majoring in Business Administration Science Faculty of Administration Science Brawijaya University Year 2014/2015 and 2015/2016 Oppo Smartphone users, using purposive sampling technique. The data is collected by quisionnaire. Data analysis that is used descriptive analysis, classic assumption test, and multiple linier regression. The result of this research are : (1) corporate image (X1), consumers image (X2) and product image (X3) have significant influence all together (simultaneously) on consumer purchase decision (Y) significant value from F test is Sig. F 0,000 (0,000 < α = 0,05); (2) Corporate image variable (X1) has significant influence and positive on consumer purchase decision (Y) with the beta value is 0,317 and sig. t value is 0,017 (0,017 < 0,05); (3) Consumers image variable (X2) has significant influence and positive on consumer purchase decision (Y) with the beta value is 0,339 and sig. t value is 0,003 (0,003 < 0,05); (4) Product image variable (X3) has significant and positive influence on consumer purchase decision (Y) with the beta value is 0,677 and sig. t value is 0,000 (0,000 < 0,05), the conclution is the dominant variable on consumer purchase decision is product image.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/128/051803077
Uncontrolled Keywords: Citra Merek dan Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 07 May 2018 06:37
Last Modified: 26 Oct 2021 04:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10315
[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item