Debate Activity As An English Extracurricular Program At Smkn 4 Malang

Vindyasari, Rahma (2017) Debate Activity As An English Extracurricular Program At Smkn 4 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dianggap sebagai bahasa penting untuk keperluan komunikasi. Sebagai negara penutur bahasa Inggris non-asli, bahasa Inggris diajarkan sebagai subjek wajib di Indonesia. Subjek bahasa Inggris mencakup empat keterampilan yang akan dikuasai, salah satunya berbicara. Dalam proses berbicara berbicara, para siswa akan menghadapi berbagai masalah. Masalahnya termasuk kurangnya kosakata, kurang percaya diri, dan penggunaan bahasa ibu. Oleh karena itu, siswa harus mendapatkan tempat dan kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan berbahasa Inggris mereka lebih dari yang mereka pelajari di kelas. Jadi, lebih baik memegang program ekstrakurikuler sebagai waktu tambahan untuk membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Sehubungan dengan melakukan penelitian, peneliti memilih SMKN 4 Malang sebagai subjek penelitian untuk melakukan penelitian karena dikenal untuk kredibilitas dan pencapaian debat klub Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kegiatan debat sebagai program ekstrakurikuler di SMKN 4 Malang, yang mencakup teknik tersebut, penilaian yang digunakan dan peserta `perspektif terhadap program. Penelitian ini dalam bentuk penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen untuk mendapatkan data, yaitu pedoman wawancara, daftar periksa observasi, catatan lapangan dan kuesioner. Temuan menunjukkan bahwa teknik utama klub debat bahasa Inggris diperdebatkan pertempuran. Penelitian ini mengungkapkan bahwa teknik ini diterapkan dengan baik. Berdasarkan wawancara dengan tutor, perdebatan Battle membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Kedua, penilaian yang digunakan dalam Gved dikomentari, dianalisis, dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Tutor menilai masalah, cara dan metode. Yang terakhir, berdasarkan hasil kuesioner, siswa sepakat bahwa kegiatan debat di Gved meningkatkan pemikiran kritis mereka, memperluas sudut pandang mereka serta meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Sementara, tutor percaya bahwa klub debat bahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan berbicara mereka melalui teknik yang digunakan dalam gved. Peneliti memberikan beberapa saran terhadap kegiatan perdebatan sebagai program ekstrakurikuler di SMKN 4 Malang. Peneliti menyarankan para siswa yang bergabung dengan klub debat bahasa Inggris untuk menjadi kreatif dalam menemukan bahan bacaan yang berkaitan dengan masalah nyata untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Bagi para tutor, peneliti menyarankan untuk melibatkan dalam menentukan komposisi tim yang akan masuk ke kompetisi. Ini juga dapat digunakan sebagai referensi oleh guru untuk memilah-milah mahasiswa dan siswa yang masih membutuhkan panduan. Untuk peneliti lebih lanjut, mereka dapat mengamati berbagai aspek implementasi klub debat bahasa Inggris, seperti media, fasilitas dan lainnya.

English Abstract

English as an international language is considered as an important language for communication purposes. As a non native English speaker country, English is taught as a compulsory subject in Indonesia. The English subject covers four skills to be mastered, one of them is speaking. In the process of learning speaking, the students will face various problems. The problems include lack of vocabulary, lack of confidence, and the use of mother tongue. Therefore, the students should get a place and the opportunity to practice their English speaking skill more than as they learn in the classroom. So, it is better to hold on an extracurricular program as an additional time to help the students to improve their speaking skill. In relation to conduct the research, the researcher chose SMKN 4 Malang as the research subject to conduct the research because it is known for the credibility and achievement of its debate English club. The aim of this study is to describe the debate activity as an extracurricular program at SMKN 4 Malang, which cover the techniques, assessment used and the participants‟ perspectives toward the program. This study was in the form of descriptive qualitative research. The research used some instruments to gain the data, those are interview guideline, observation checklist, field note and questionnaire. The findings showed that the main technique of the English Debate Club was debate battle. This study reveals that the technique was implemented well. Based on the interview with the tutor, debate battle helps the students to improve their speaking skill. Secondly, the assessment used in GVED was commented, analyzed and provided constructive feedback. The tutor assessed the matter, manner and method. The last, based on the result of the questionnaire, the students agreed that debate activities in GVED were improving their critical thinking, broadening their point of view as well as improving their speaking ability. While, the tutor believed that the English Debate Club could improve their speaking skill through the techniques used in GVED. The researcher provides some suggestions toward the debate activity as an extracurricular program at SMKN 4 Malang. The researcher suggested the students who join the English debate club to be creative in finding the reading material which is relating with the real issues for improving their knowledge. For the tutors, the researcher suggested to involve in determining the composition of the team that will go into the competition. It also can be used as a reference by teachers to sort out the potential students and students who still need guidance. For further researcher, they could observe different aspects of the implementation of English Debate Club, such as the media, the facilities and others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/133/051701022
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Feb 2017 08:33
Last Modified: 19 Oct 2021 04:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102770
[thumbnail of RAHMA_VINDYASARI_115110500111027_(SKRIPSI).pdf]
Preview
Text
RAHMA_VINDYASARI_115110500111027_(SKRIPSI).pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of RAHMA_VINDYASARI_115110500111027_(ARTIKEL_ILMIAH).pdf]
Preview
Text
RAHMA_VINDYASARI_115110500111027_(ARTIKEL_ILMIAH).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item