Improving Students’ Speaking Skill by Using Picture Media for Eight Graders of SMP PGRI 02 Batu

Saputra, MArief (2015) Improving Students’ Speaking Skill by Using Picture Media for Eight Graders of SMP PGRI 02 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Siswa kelas delapan di SMP PGRI 02 Batu memiliki kemampuan yang kurang bagus dan partisipasi yang rendah dalam pelajaran Bahasa Inggris, terutama dalam kemampuan berbicara berdasarkan wawancara dengan guru bahasa Inggris, observasi, dan pre test. Kemudian, peneliti melakukan penelitian mengenai hal tersebut dengan menggunakan media gambar yang mungkin dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penggunaan media gambar secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris? (2) Bagaimana peningkatan partisipasi siswa di kelas dengan menggunakan media gambar? Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas, peneliti menerapkan media gambar untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa mengenai kemampuan berbicara. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penemuan, bisa dinyatakan bahwa, pertama dari hasil tes, ditemukan bahwa ada peningkatan 77.27% mengenai kemampuan siswa dalam berbicara setelah penerapan media gambar, karena dalam post tes terdapat 19 siswa yang lulus KKM, sedangkan di pre tes sebelumnya hanya ada dua siswa yang bisa lulus KKM. Kriteria sukses adalah 75% siswa dapat lulus KKM. Nilai KKM adalah 75. Karena ada 77.27% dari siswa yang berhasil lulus KKM, maka media gambar secara signifikan meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara bahasa Inggris. Kedua, dari hasil pengamatan, ditemukan bahwa, partisipasi siswa meningkat di kelas setelah media gambar diterapkan. Peningkatan tersebut sebagai berikut: peningkatan partisipasi siswa di kelas adalah 31.82%. Kedua, peningkatan partisipasi siswa dalam percakapan adalah 31.82%. Ketiga, peningkatan siswa dalam diskusi adalah 36.36%. Keempat, peningkatan siswa dalam presentasi lisan adalah 13.64%. Kelima, peningkatan pengucapan siswa adalah 9.09%. Selanjutnya, peningkatan kelancaran siswa adalah 31.82%. Yang terakhir, peningkatan rasa percaya siswa untuk berbicara di depan kelas adalah 27.27%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/77/051601212
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 08 Mar 2016 15:36
Last Modified: 19 Oct 2021 02:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102689
[thumbnail of READY_BURN.pdf]
Preview
Text
READY_BURN.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item