Students’ Perception Towards Video Games To Acquire English Vocabulary

Ramadhan, Said (2016) Students’ Perception Towards Video Games To Acquire English Vocabulary. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa adalah instrumen bagi manusia untuk berkomunikasi dan memberikan informasi dari satu ke yang lain, apakah itu dalam bentuk komunikasi informal atau formal. Ketika orang ingin berkomunikasi, mereka perlu memahami bahasa tersebut. Ketika orang ingin belajar bahasa, mereka harus mulai dengan belajar atau menguasai kosakata. Dengan menguasai kosakata, semua keterampilan bahasa Inggris seperti mendengarkan, berbicara, menulis dan membaca akan jauh lebih mudah dikuasai oleh peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penulis juga menggunakan observasi, kuesioner, dan panduan wawancara sebagai instrumen penelitian. Penulis memilih siswa kelas 7 SMP Shalahuddin Malang dan guru bahasa Inggris sebagai peserta, untuk mencapai tujuan berikut, (1) untuk mengetahui mahasiswa kelas 7 SMP Shalahuddin Malang persepsi terhadap video game untuk memperoleh kosakata bahasa Inggris. (2) Untuk mengetahui persepsi guru bahasa Inggris, tentang hobi video murid-muridnya. Berdasarkan hasil tersebut, penulis menemukan bahwa sebagian besar peserta memilih setuju atau positif bahwa video game dapat membuatnya dengan mudah dalam memperoleh kosakata bahasa Inggris. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa kelas 7 SMP Shalahuddin Malang positif bahwa video game dapat membuat mereka memperoleh kosakata bahasa Inggris dengan 59,8% dari 117 siswa memilih setuju. Itu juga didukung dengan hasil wawancara dengan guru bahasa Inggris yang dia yakini dari bermain video game, pemain akan memperoleh kosakata bahasa Inggris. Semoga untuk peneliti masa depan yang berurusan dengan video game sebagai subjek utama dalam penelitian dapat dapat menemukan permainan video lain yang mungkin dalam belajar atau memperoleh bahasa Inggris. Karena permainan video berbasis pendidikan benar-benar menjanjikan di masa depan bagi Indonesia.

English Abstract

Language is an instrument forhuman to communicate and deliver information from one to other, whether it is in the form informal or formal communication. When people want to communicate, they need to understand the language. When people want to learn the language, they need to start by learning or mastering the vocabulary. By mastering the vocabulary, all the English skills such as listening, speaking, writing and reading will be much easier to be mastered by the learners. In this research, the writer used qualitative approach as the research method to answer the research questions. The writer also used observation, questionnaire and interview guide as the research instruments. The writer choose 7th graders of SMP SHALAHUDDIN Malang and the English teacher as the participants, to reach the following objectives, (1) to find out 7th grader students of SMP SHALAHUDDIN Malang perception towards video games to acquire English vocabulary. (2) To find out the English teacher perception, about her students video games hobby. Based on the result, the writer found that most of the participants choose agree or positive that video games can make them easily in acquiring English vocabulary. The finding shows that 7th graders of SMP SHALAHUDDIN Malang positive that the video games can make them acquire English vocabulary with 59.8% from 117 students choose agree. It was also supported with the result of the interview with English teacher that she believes from playing video games the player will acquire English vocabulary. Hopefully for future researchers who are dealing with video games as the main subject in the research can be able to find other possible video games in learning or acquiring the English language. Because video games-based in education really promising in the future for Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/718/051612308
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Dec 2016 10:40
Last Modified: 18 Oct 2021 09:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102643
[thumbnail of SAID_RAMADHAN.pdf]
Preview
Text
SAID_RAMADHAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item