Deiksis Wacana Dalam Film Ernest Et Célestine Karya Benjamin Renner, Vincent Patar Dan Stéphane Aubier: Analisis Pragmatik

Rachmawati, JeanniImas (2016) Deiksis Wacana Dalam Film Ernest Et Célestine Karya Benjamin Renner, Vincent Patar Dan Stéphane Aubier: Analisis Pragmatik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pragmatik memiliki beberapa bidang kajian salah satunya adalah deiksis. Pada penelitian ini penulis memilih deiksis wacana sebagai objek kajian dan terdapat dua rumusan masalah yaitu, (1) bagaimana deiksis wacana dalam film Ernest et Célestine karya Benjamin Renner, Vincent Patar dan Stéphane Aubier berdasarkan referensinya (2) bagaimana deiksis wacana dalam film Ernest et Célestine karya Benjamin Renner, Vincent Patar dan Stéphane Aubier berdasarkan cara penggunaanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan data yang diteliti secara sistematis. Sumber data yang digunakan adalah film berbahasa Prancis berjudul Ernest et Célestine karya Benjamin Renner, Vincent Patar dan Stéphane Aubier. Berdasarkan hasil analisa ditemukan bahwa berdasarkan referensinya terdapat tiga jenis deiksis wacana yakni anafora, katafora dan eksofora. Sedangkan berdasarkan cara penggunaannya terdapat dua jenis yaitu secara simbolik dan gestural. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa deiksis wacana endofora mengacu pada ujaran tokoh yang sama dan ujaran tokoh yang lain. Deiksis wacana eksofora mengacu pada kondisi penutur dengan dirinya sendiri dan penutur dengan lingkungan sekitar. Deiksis wacana yang digunakan secara gestural merupakan deiksis wacana eksofora sedangkan yang digunakan secara simbolik merupakan deiksis endofora dan deiksis eksofora. Deiksis yang paling banyak ditemukan adalah deiksis wacana anafora dan deiksis yang digunakan secara simbolik. Berdasarkan hasil temuan tersebut disimpulkan bahwa film Ernest et Célestine karya Benjamin Renner, Vincent Patar dan Stéphane Aubier tidak ditujukan secara khusus untuk anak-anak dan pembelajar bahasa Prancis pemula karena terdapat banyak deiksis wacana yang cukup sulit untuk dipahami. Penulis berharap agar penelitian mengenai deiksis selanjutnya dapat meneliti lebih dari satu jenis deiksis pada satu sumber data dan menganalisis hubungan antar deiksis tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/70/051601205
Subjects: 400 Language > 440 French and related Romance languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 08 Mar 2016 13:26
Last Modified: 18 Oct 2021 09:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102623
[thumbnail of SKRIPSI_NIKEN_PUSPITA_HENING.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_NIKEN_PUSPITA_HENING.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item