Social and Cultural Values in English Textbook Entitled “Bahasa Inggris” Published by Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Wardani, TisaArum (2016) Social and Cultural Values in English Textbook Entitled “Bahasa Inggris” Published by Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis buku teks bahasa Inggris yang digunakan oleh siswa kelas dua belas. Hal ini dilakukan untuk melihat bagaimana nilai sosial dan budaya disajikan dalam buku teks. Kriteria nilai sosial dan budaya diusulkan oleh Cunningsworth (1995). Desain penelitian adalah desain deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah 16 bab buku teks. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar periksa yang terdiri dari kriteria nilai sosial dan budaya. Mereka adalah berbagai topik, dimasukkannya topik sosial / budaya sensitif, karakter yang digambarkan, hubungan sosial, ekspresi perasaan pribadi, dan interaksi. Kemudian, kriteria itu dijabarkan berdasarkan kompetensi dasar Kurikulum 2013, instrumen deskripsi Penilaian Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris SMA / MA, dan Badan Standar Nasional Pendidikan (2015). Analisis dibahas dalam bagaimana dan sejauh mana buku teks sesuai dengan teori yang ada. Temuan ini menunjukkan bahwa ada 9 bab yang memenuhi kriteria yang diusulkan oleh Cunningsworth (1995). Namun, tidak semua kategori sepenuhnya dipenuhi oleh 9 bab tersebut. Bagian dari setiap kriteria dalam bab ini tidak sama. Karakter yang digambarkan memiliki porsi terbesar, karena beberapa kategori kriteria ini ada. Ini membahas representasi perempuan, usia, asal etnis, pekerjaan / profesi. Namun cacat dan kelas sosial yang dimiliki kriteria ini tidak dapat ditemukan. Kesimpulannya, cara penulis menyajikan buku teks berdasarkan nilai-nilai sosial dan budaya di Indonesia menjadi sisi baik dari buku teks. Buku teks mencakup kriteria terkait dengan nilai-nilai sosial dan budaya. Untuk penulis buku teks, sebagai buku teks diperlukan untuk memfasilitasi pengajaran bahasa, itu harus memenuhi beberapa kriteria. Kriteria ini tidak selalu istilah pedagogis tetapi juga beberapa istilah yang tidak diontrak, seperti nilai sosial dan budaya.

English Abstract

This study was intended to analyze an English textbook used by the twelfth grade students. It was conducted to see how social and cultural values are presented in the textbook. The social and cultural values criteria are proposed by Cunningsworth (1995). The design of the study was descriptive qualitative design. The data of this study was 16 chapters of the textbook. The instrument used in the study was checklist that consisted of social and cultural values criteria. They were range of topic, inclusion of sensitive social/cultural topics, character depicted, social relationship, expression of personal feeling, and interaction. Then, those criteria was elaborated based on the basic competence of Kurikulum 2013, Deskripsi Instrument Penilaian Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris SMA/MA, and Badan Standar Nasional Pendidikan (2015). The analysis discussed in how and what extent the textbook appropriate with the existing theory. The finding showed that there were 9 chapters that met the criteria proposed by Cunningsworth (1995). However, not all categories were completely fulfilled by those 9 chapters. The portion of each criterion in the chapter was not the same. Characters depicted had the biggest portion, because some categories of this criteria existed. It discussed the representations of women, age, ethnic origin, occupation/profession. However disability and social class that belong this criteria could not be found. In conclusion, the way of the author presents the textbook based on social and cultural values in Indonesia becomes a good side of the textbook. The textbook covered the criteria related to social and cultural values. For textbook author, as a textbook is needed to facilitate the language teaching, it must fulfill several criteria. The criteria is not always pedagogical term but also some unstated term, such as social and cultural values.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/600/051608570
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Aug 2016 13:39
Last Modified: 20 Oct 2021 14:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102508
[thumbnail of 70.pdf]
Preview
Text
70.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Gabungan_PDF.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Gabungan_PDF.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item